androidvodic.com

IMF Berjanji Mendukung Mesir Ketika Negara Tersebut Bersiap Menampung Pengungsi Massal Warga Gaza - News

IMF Berjanji Mendukung Mesir ketika Negara Tersebut Bersiap Menghadapi Pengungsi Massal Warga Gaza

News- IMF berjanji untuk mendukung Mesir ketika negara tersebut bersiap menghadapi pengungsian massal warga Gaza.

Kairo sedang menyelesaikan pembangunan zona penyangga di bagian timur Gurun Sinai yang diperkirakan akan berfungsi sebagai tempat perlindungan sementara bagi lebih dari satu juta warga Palestina setelah invasi darat Israel ke Rafah dimulai.

Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan ada kemajuan luar biasa dalam pembicaraan dengan Mesir mengenai program pinjaman yang berupaya untuk mendukung negara tersebut dalam mengatasi kesulitan keuangannya dan menangani potensi banjir pengungsi Palestina yang Israel ingin bersihkan secara etnis di Gaza.

“Tim IMF dan pihak berwenang Mesir telah menyepakati elemen-elemen utama dari sebuah program, dan pihak berwenang telah menyatakan komitmen yang kuat terhadap hal tersebut".

"Diskusi-diskusi ini sedang berlangsung, jadi saya tidak akan membahas secara rinci diskusi-diskusi tersebut, namun kami pasti akan mengabari Anda setelah diskusi-diskusi tersebut selesai,” kata juru bicara IMF Julie Kozack kepada wartawan pada 22 Februari.

Baca juga: Karena Konflik Israel-Hamas, IMF Ramal Ekonomi Timur Tengah Amblas di Tahun 2024

“Sehubungan dengan pertanyaan mengenai potensi dampak tekanan dari pengungsi dari Gaza, apa yang kami lihat di Mesir adalah adanya kebutuhan untuk memiliki paket dukungan yang sangat komprehensif untuk Mesir".

"Dan kami berupaya untuk memastikan bahwa Mesir tidak melakukan hal yang sama. Memiliki sisa kebutuhan pembiayaan dan juga untuk memastikan bahwa program tersebut mampu menjamin stabilitas makroekonomi dan keuangan di Mesir,” tambah Kozack.

Mesir telah melakukan pembicaraan selama sebulan terakhir dengan lembaga keuangan yang berbasis di AS untuk menghidupkan kembali dan memperluas perjanjian pinjaman senilai $3 miliar yang ditandatangani pada Desember 2022.

Pencairan pinjaman ditunda tahun lalu setelah Mesir tidak menepati janjinya untuk membiarkan pound Mesir merespons kekuatan pasar dan malah menetapkannya terhadap dolar AS pada bulan Maret.

Namun, nasib Kairo dengan IMF berubah setelah dimulainya kampanye genosida Israel di Jalur Gaza.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan pada bulan November bahwa lembaga tersebut secara serius mempertimbangkan kemungkinan penambahan program pinjaman Mesir karena kesulitan ekonomi yang ditimbulkan oleh perang Israel-Gaza.

Asap mengepul diatas Khan Yunis di Jalur Gaza Selatan selama pemboman Israel pada 18 Februari 2024, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok pejuang rakyat Palestina Hamas. dari sejumlah sumber Israel menargetkan Kota Rafah untuk menjadi sasaran berikutnya. (SAID KHATIB/AFP)
Asap mengepul diatas Khan Yunis di Jalur Gaza Selatan selama pemboman Israel pada 18 Februari 2024, di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok pejuang rakyat Palestina Hamas. dari sejumlah sumber Israel menargetkan Kota Rafah untuk menjadi sasaran berikutnya. (SAID KHATIB/AFP) (AFP/SAID KHATIB)

“Pinjaman ini bisa mencapai hingga $10 miliar untuk membantu perekonomian Mesir bertahan di tengah faktor lokal dan eksternal, termasuk serangan gencar Israel di Jalur Gaza dan ketegangan di Laut Merah yang berdampak negatif terhadap pendapatan yang dihasilkan oleh Terusan Suez,” kata seorang pejabat Mesir mengatakan kepada The New Arab awal bulan ini.

Selain itu, minggu ini, perusahaan energi multinasional AS, Chevron, mengumumkan rencana untuk memperluas produksi di ladang Tamar Israel dalam sebuah langkah yang akan meningkatkan ekspor gas ke Mesir sebesar tambahan 4 miliar meter kubik di tahun-tahun mendatang.

Hal ini bertepatan dengan dimulainya pekerjaan konstruksi pada zona keamanan terisolasi di Gurun Sinai timur di perbatasan dengan Jalur Gaza, yang diperkirakan banyak orang akan berfungsi sebagai zona penyangga bagi pengungsi Palestina.

“Pekerjaan konstruksi yang terlihat di Sinai di sepanjang perbatasan dengan Gaza – pembentukan perimeter keamanan yang diperkuat di sekitar lahan terbuka tertentu – adalah tanda-tanda serius bahwa Mesir mungkin bersiap untuk menerima dan mengizinkan perpindahan warga Gaza ke Sinai, melalui koordinasi dengan Israel dan Amerika Serikat,” kata Muhannad Sabry, peneliti urusan dan keamanan Sinai di Mesir, kepada Sinai Foundation pekan lalu.

Kairo baru-baru ini meningkatkan kehadiran militernya di perbatasan Gaza, dengan alasan kekhawatiran akan meluasnya kampanye pembersihan etnis Israel ke wilayahnya setelah invasi darat ke Rafah dimulai.

Para pejabat Israel telah berulang kali menegaskan keinginan mereka tidak hanya untuk mengalahkan Hamas tetapi juga untuk memaksa 2,3 juta warga Gaza mengungsi ke Mesir atau negara lain sebagai pengungsi.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat