androidvodic.com

Tentara Israel Bunuh 8 Polisi yang Mengawal Konvoi Truk Bantuan Kemanusiaan ke Gaza, Truk Dibom - News

Tentara Israel Bunuh Polisi yang Mengawal Konvoi Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

News- Tentara Israel telah membunuh delapan polisi Palestina yang menyertai konvoi bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Pasukan Israel menargetkan konvoi bantuan yang memasuki Gaza, menewaskan delapan polisi Palestina yang menemani truk-truk bantuan kemanusiaan tersebut.

Ketika itu, kelaparan terus menyebar di daerah kantong yang terkepung tersebut, Al-Jazeera melaporkan pada 26 Februari.

Para polisi tersebut tewas dalam serangan Israel di Rafah selatan, menurut pejabat UNRWA dan AS.

Ketakutan akan serangan Israel telah menyebabkan orang lain meninggalkan pos mereka, sehingga mengakibatkan rusaknya ketertiban sipil.

Pekan lalu, kerumunan orang yang kelaparan merampas truk bantuan kemanusiaan dan memukuli sopirnya, sehingga mendorong Program Pangan Dunia (WFP) untuk membatalkan pengiriman meskipun ada laporan kelaparan yang meningkat, khususnya di Gaza utara, yang terletak paling jauh dari perbatasan Mesir di selatan.

Baca juga: Mahkamah Internasional ICJ Tutup Hari Terakhir Sidang dengan Bahas Pendudukan Israel di Tepi Barat

Menurut ketua UNRWA Philippe Lazzarini, “Terakhir kali UNRWA dapat mengirimkan bantuan makanan ke Gaza utara adalah pada tanggal 23 Januari,” lebih dari satu bulan yang lalu.

Dia menambahkan bahwa seruan untuk mengizinkan distribusi makanan di Gaza “tidak didengarkan” di tengah terus adanya hambatan dari Israel.

Pada hari Jumat, seorang bayi laki-laki Palestina berusia dua bulan meninggal karena kelaparan di Gaza utara, Kantor Berita Shehab melaporkan.

Mahmoud Fattouh meninggal di Rumah Sakit Al-Shifa di Kota Gaza pada hari Jumat.

Rekaman video menunjukkan bayi yang kelaparan itu kesulitan bernapas di ranjang rumah sakit.

“Kami melihat seorang wanita menggendong bayinya sambil berteriak minta tolong. Bayinya yang pucat sepertinya sedang menghembuskan nafas terakhirnya,” kata salah satu paramedis yang membawa bayi tersebut ke rumah sakit dalam video tersebut.

Baca juga: Hamas Mengaktifkan Ratusan Kartu SIM Israel, Terjadi Beberapa Jam Sebelum Serangan Banjir Al-Aqsa

“Kami segera membawanya ke rumah sakit dan dia ditemukan menderita kekurangan gizi akut. Staf medis membawanya ke ICU. Bayi tersebut tidak diberi susu selama berhari-hari, karena susu bayi sama sekali tidak ada di Gaza.”

Pada tanggal 26 Januari, Pengadilan Kriminal Internasional (ICJ) mengeluarkan keputusan sementara yang memerintahkan Israel untuk mengambil semua tindakan untuk mencegah tindakan genosida, termasuk mengambil langkah-langkah segera dan efektif untuk memastikan penyediaan bantuan kemanusiaan kepada warga sipil di Gaza.

Namun menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), jumlah truk bantuan yang memasuki Gaza sejak keputusan tersebut turun sebanyak empat puluh persen, menyebabkan sedikitnya 500.000 orang menghadapi kelaparan.

Sejak 9 Februari, jumlah rata-rata truk yang masuk ke Gaza setiap hari adalah sekitar 55 truk, dibandingkan dengan 500 truk yang biasa masuk membawa barang dan perbekalan sebelum perang.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat