androidvodic.com

Benny Gantz: Mengakhiri Perang Israel Tanpa Operasi Rafah seperti Padamkan Api yang Sudah 80 Persen - News

Para Pejabat Tinggi AS Mengadakan Pembicaraan Sulit dengan Pemimpin Oposisi Israel Benny Gantz

News- Para pejabat tinggi AS mengadakan 'pembicaraan sulit' dengan pemimpin oposisi Israel, Benny Gantz.

Benny Gantz mengatakan kepada para pejabat AS bahwa mengakhiri perang tanpa operasi Rafah seperti ‘memadamkan 80 persen api’.

Anggota kabinet perang Israel dan mantan menteri pertahanan Benny Gantz mengadakan pembicaraan dengan para pejabat AS pada tanggal 4 Maret setelah melakukan perjalanan ke Washington sehari sebelumnya.

Gantz dilaporkan berjuang untuk meyakinkan para pejabat AS bahwa Israel mempunyai rencana untuk mengevakuasi warga Palestina dengan aman menjelang serangan militer yang direncanakan di kota Rafah paling selatan di Gaza, yang sangat padat dengan lebih dari satu juta warga sipil.

Israel mengklaim Rafah adalah benteng terakhir Hamas.

“Pihak Israel mengalami kesulitan dalam menjelaskan sikap Israel mengenai evakuasi [warga sipil] di Rafah sebelum aksi [militer], dengan sikap skeptis dari pihak Amerika,” sebuah laporan tanpa sumber dari Channel 12 Israel menyatakan.

Laporan tersebut menambahkan bahwa Gantz mengatakan kepada Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bahwa Israel berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Menurut Israel Hayom, Gantz mengatakan kepada Sullivan bahwa mengakhiri perang tanpa membersihkan Rafah seperti mengirimkan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan 80 persen api. Mengabaikan operasi Rafah tidak dapat diterima oleh Israel.

Pemimpin oposisi tersebut juga berbicara dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, Koordinator Gedung Putih untuk wilayah tersebut Brett McGurk, dan beberapa senator serta anggota kongres lainnya.

Para pejabat AS dilaporkan menekan Gantz agar Israel mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza, dan menyatakan keraguan atas kejujuran Israel mengenai masalah tersebut.

Sebagai tanggapan, Gantz mengatakan bahwa masalahnya bukan pada pengiriman bantuan melainkan “pengambilalihan” proses distribusi oleh Hamas. Intelijen AS baru-baru ini menyimpulkan bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Hamas melakukan eksploitasi atau melakukan kontrol atas bantuan kemanusiaan.

“Ada perbedaan besar antara sudut pandang pemerintah AS dan kebanyakan orang Israel; dalam kunjungannya, Gantz berhasil menutup beberapa kesenjangan ini dan menyampaikan sudut pandang Israel,” kata seorang sumber kepada Israel Hayom.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dikatakan sangat marah atas perjalanan Gantz, yang menurut perdana menteri tidak dia izinkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat