androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-743: Moskow Penjarakan Jurnalis Buntut Artikel Dugaan Kejahatan Perang - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-743 pada Kamis (7/3/2024).

Roman Ivanov, seorang jurnalis dari outlet berita independen Rusia, RusNews dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara karena menulis artikel tentang dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina, kantornya mengungkapkan.

Dikutip dari The Guardian, Roman Ivanov dihukum karena menerbitkan berita palsu tentang tentara Rusia berdasarkan undang-undang sensor masa perang.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-743:

  • Komandan Pasukan Darat, Letjen Oleksandr Pavliuk mengatakan militer Ukraina akan segera menstabilkan situasi medan perang dan berniat membentuk unit untuk tindakan serangan balasan akhir tahun ini.

    Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky sebelumnya mengatakan Rusia akan mencoba melancarkan serangan baru pada musim semi atau musim panas ini.

  • Juru bicara militer Ukraina, Dmytro Lykhoviy, mengatakan kepada televisi nasional pada hari Rabu (6/3/2024) bahwa pasukan Rusia tidak dapat menaklukkan wilayah baru di dekat Avdiivka.

    Rusia malah memusatkan perhatian pada wilayah di selatan, dekat desa Novomykhailivka.

    Seorang komandan Ukraina di wilayah tersebut, Maksym Zhorin juga mengatakan pasukan Rusia mengalami kesulitan untuk mencapai kemajuan.

    Target terakhir mereka adalah desa Orlivka.

    “Mereka terus berusaha untuk maju dan membuat kemajuan sedapat mungkin. Meski mengalami kerugian besar, mereka tetap melancarkan serangan, baik siang maupun malam," kata Lykhoviy.

    Baca juga: Staf Angkatan Udara AS Didakwa Bocorkan Informasi Rahasia soal Perang Rusia-Ukraina di Situs Kencan

  • Inggris siap meminjamkan Ukraina semua aset bank sentral Rusia yang dibekukan di Inggris dengan dasar bahwa Rusia akan membayar ganti rugi ke Ukraina pada akhir perang, kata Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron.

    Ia mengatakan, aset tersebut akan digunakan sebagai jaminan pembayaran reparasi .
  • Kepala Badan Energi Atom Internasional Rafael Grossi mengatakan dia akan membahas pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Rabu (6/3/2024).
  • Dalam kunjungan ke Washington, Perdana Menteri Swedia, Ulf Kristersson, dan Menteri Luar Negeri, Tobias Billstrom, akan menyerahkan dokumen final aksesi NATO kepada perwakilan AS dalam beberapa hari mendatang.

    Ini adalah langkah terakhir Swedia dalam proses dua tahun untuk bergabung dengan aliansi militer.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat