androidvodic.com

Bantuan dari Udara Timpa Warga Gaza Hingga Tewas, Yordania: Bukan dari Pesawat Kami - News

Bantuan dari Udara Timpa Warga Gaza Hingga Tewas, Yordania: Bukan dari Pesawat Kami

News - Pemerintah Yordania memberi klarifikasi seputar insiden bantuan kemanusiaan yang diterjunkan dari pesawat jatuh menimpa sejumlah warga Gaza, Palestina.

Menurut sumber resmi pemerintah Kerajaan Yordania, empat pesawat Yordania yang terlibat dalam operasi pengiriman bantuan di Gaza pada Jumat bekerja dengan sempurna, tanpa kerusakan apa pun.

Baca juga: Parasut Tak Mengembang, Paket Bantuan Udara AS Justru Tewaskan 5 Warga Gaza, Puluhan Luka-luka

Sumber itu menambahkan, tidak ada kerusakan yang berasal dari pesawat Yordania yang menyebabkan jatuhnya bantuan ke Gaza secara tidak terkendali.

Menurut pernyataan dari Pusat Keamanan dan Manajemen Krisis Nasional Yordania, kesalahan teknis yang menyebabkan beberapa parasut gagal dipasang, sehingga bantuan jatuh bebas ke tanah saat penerjunan udara di Gaza pada Jumat (8/3/2024), tidak berasal dari pesawat Yordania, Al -Mamlaka TV melaporkan.

Pernyataan tersebut mengklarifikasi bahwa empat pesawat Yordania, yang beroperasi bersama dengan lima negara lainnya, melaksanakan operasi penurunan tersebut tanpa masalah apa pun.

Baca juga: AS Mau Kerahkan 1.000 Tentara Bangun Pelabuhan Gaza, Awal Pengusiran Total Rakyat Palestina?

Gambar yang diambil dari video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina berlari menuju parasut yang menempel pada paket makanan, yang dijatuhkan dari pesawat AS di pantai Jalur Gaza pada 2 Maret 2024. - Sekutu utama Israel, Amerika Serikat, mengatakan pihaknya mulai mengirimkan bantuan melalui udara ke Gaza yang dilanda perang pada tanggal 2 Maret, ketika kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas melaporkan lebih dari selusin kematian anak-anak akibat kekurangan gizi. (Photo by AFP)
Gambar yang diambil dari video AFPTV ini menunjukkan warga Palestina berlari menuju parasut yang menempel pada paket makanan, yang dijatuhkan dari pesawat AS di pantai Jalur Gaza pada 2 Maret 2024. - Sekutu utama Israel, Amerika Serikat, mengatakan pihaknya mulai mengirimkan bantuan melalui udara ke Gaza yang dilanda perang pada tanggal 2 Maret, ketika kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas melaporkan lebih dari selusin kematian anak-anak akibat kekurangan gizi. (Photo by AFP) (AFP/-)

Mereka menekankan, Yordania tetap berkomitmen "untuk mendukung saudara-saudara Palestina di Gaza dan menyalurkan bantuan melalui segala cara yang tersedia, baik melalui darat maupun udara."

Mahmoud Besal, juru bicara Pertahanan Sipil di Gaza, melaporkan, lima orang tewas dan beberapa lainnya terluka "akibat secara tidak sengaja menjatuhkan pesawat sipil yang membawa bantuan ke kepala dan rumah warga di barat laut kota Gaza sore ini (Jumat) ."

Channel 12 Israel melaporkan tewasnya lima orang di Gaza akibat paket bantuan yang secara tidak sengaja dijatuhkan oleh pesawat Amerika.

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth menyatakan bahwa lima orang "terbunuh" ketika AS menjatuhkan paket bantuan kemanusiaan di wilayah Menara Gaza, Daerah Firouz, sebelah barat Kota Gaza

(oln/jn/*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat