androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-745: Zelensky Temui Erdogan, Bahas Perang hingga Pelayaran Laut Hitam - News

News - Berikut ini rangkuman peristiwa dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-745 pada Sabtu (9/3/2024).

Presiden Ukraina Voldoymyr Zelensky bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Istanbul pada hari Jumat (8/3/2024).

Keduanya membahas perkembangan perang Rusia-Ukraina, keamanan pelayaran di Laut Hitam, termasuk kesepakatan gandum yang sudah tidak berlaku, hingga kerja sama industri pertahanan.

Di pertemuan itu, Erdogan mengaku Ankara siap menjadi tuan rumah pertemuan puncak antara Ukriana dan Rusia untuk mengakhiri perang.

Kedatangan Zelensky ke Turki bisa dibilang mendahului rencana Presiden Rusia Vladimir Putin untuk bertandang ke sana setelah pemilu pada 15-17 Maret 2024.

Masih di momen yang sama, Zelensky menyebut, Rusia tidak akan diundang ke pertemuan puncak perdamaian pertama, yang akan diadakan di Swiss beberapa bulan mendatang.

Namun, ada perwakilan Rusia yang boleh hadir ke pertemuan berikutnya setelah peta jalan perdamaian disepakati dengan sekutu Ukraina.

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-745:

  • Angkatan bersenjata Rusia dan kelompok yang terkait secara sitematis menggunakan penyiksaan di wilayah pendudukan Ukraina, kata seorang pakar PBB, Alice Jill Edwards pada Jumat (8/3/2024).

    Edwards, pelapor khusus PBB mengenai penyiksaan, mengatakan bahwa jaksa penuntut Ukraina memberitahunya bahwa ada sekitar 103.000 kasus terbuka terkait  kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

    "90 persen di antaranya terdaftar sebagai kasus penyiksaan," ungkap Edwards.

    Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-744: Zelensky Berikan Jeda Tentara Cadangan Ukraina selama 2 Bulan

  • Dua orang tewas dan 26 lainnya luka-luka dalam serangan rudal Rusia di kota Sumy, Ukraina utara, kata pemerintah daerah pada Jumat (8/3/2024).

    “Lokasi sekolah, rumah sakit pusat kota, pusat perawatan medis darurat regional dan perusahaan air minum rusak,” tulisnya di Facebook.
  • Dua orang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Ukraina di wilayah Belgorod Rusia , kata gubernur. Orang ketiga terluka parah, kata Gubernur Oblast Belgorod Vyacheslav Gladkov di Telegram.

  • Tiga orang tewas akibat penembakan Rusia di wilayah Kharkiv, Ukraina  kata Kepala pemerintahan militer regional, Oleg Sinegubov.

    Sekitar 18 permukiman di wilayah tersebut terkena serangan artileri dan mortir Rusia, kata Oleg Sinegubov di media sosial pada hari Jumat (8/3/2024).

    Ia menambahkan bahwa seorang wanita berusia 64 tahun, seorang pria berusia 58 tahun, dan seorang wanita berusia 40 tahun tewas.
  • Pemimpin oposisi Belarusia di pengasingan, Sviatlana Tsikhanouskaya, mengatakan pada hari Jumat (8/3/2024) bahwa dia belum mendengar kabar dari suaminya yang dipenjara selama setahun.

    Wanita itu menggambarkan kurangnya komunikasi (dengan keluarga) sebagai “suatu bentuk penyiksaan.”
  • Perdana Menteri Latvia Evika Silina membandingkan Rusia dengan “pecandu alkohol” yang tidak dapat diprediksi selama diskusi tentang ancaman keamanan dari Moskow.

    Evika Silina mengatakan bahwa Latvia – bekas republik Soviet – sedang “memperkuat kemampuan militer” di perbatasan timurnya dengan Rusia.

    “Kami tinggal bersebelahan dengan tetangga yang, bisa dibilang, seperti pecandu alkohol atau pecandu, yang tindakannya tidak dapat kami prediksi,” katanya kepada Radio Latvia.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat