androidvodic.com

Israel Mengakui Salah Mengebom Warga Gaza, Warga Membawa Sepeda Dikira Menenteng Senjata RPG - News

Israel Mengakui Salah Mengebom Warga Gaza, Warga Menenteng Sepeda Dikira Menenteng Senjata RPG

News- Tentara Israel telah mengakui bahwa mereka menargetkan dua warga Palestina di Gaza adalah sebuah kesalahan, The New York Times (NYT) melaporkan pada 12 Maret.

Sebuah video yang diterbitkan oleh tentara Israel menunjukkan mereka menjatuhkan bom terhadap dua warga Palestina di antara reruntuhan dua bangunan dalam apa yang mereka klaim sebagai 'pembasmian teroris.' Intelijen Israel mengklaim salah satu pria dalam video tersebut sedang memegang roket berpeluncur granat (RPG).

Tuduhan itu kemudian terbantahkan karena diketahui keduanya hanya berjalan di samping sepeda.

“Ketika video itu dipublikasikan, sepeda yang dibawa salah satu dari mereka secara keliru ditandai sebagai peluncur roket,” kata juru bicara militer Israel kepada NYT dalam sebuah pernyataan. “[Tentara Israel] menyesali kesalahan penandaan tersebut.”

Meskipun Israel mengakui bahwa keduanya tidak bersenjata, tentara Israel tetap mendukung tindakan tersebut dan mengklaim bahwa kedua pria tersebut adalah kombatan.

“Selama beberapa hari menjelang serangan yang terdokumentasi, teroris bersenjata menggunakan rute yang ditunjukkan dalam video untuk mentransfer amunisi dan menyerang pasukan [tentara Israel],” kata pernyataan itu.

“Serangan itu terjadi setelah orang-orang diidentifikasi sebagai perlawanan bersenjata secara real-time, berdasarkan informasi yang dikumpulkan sebelum serangan.”

Baca juga: Gara-gara Gunting Medis, Israel Tolak Masuknya Truk Bantuan ke Gaza, Larang Obat Bius Tabung Oksigen

Tentara menyatakan akan menyelidiki lebih lanjut insiden tersebut.

NYT melaporkan bahwa peneliti Euro-Med Human Rights Monitor Mohammed Qreiqea berbicara dengan para saksi yang mengatakan bahwa keduanya kembali dari mengumpulkan bantuan, membawa tepung di samping sepeda. Satu orang tewas, satu lagi mengalami luka tusuk di paru-parunya namun selamat.

Pada tanggal 4 Maret, Ketua Euro-Med Ramy Abdu pertama kali menunjukkan bahwa dua warga Palestina yang menjadi sasaran memiliki sepeda dan bukan RPG.

Hingga saat ini, pemboman brutal Israel di Jalur Gaza telah menewaskan lebih dari 31.000 warga Palestina, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak.

Pemboman tersebut telah menyebabkan pengungsian besar-besaran, memaksa setidaknya 85 persen penduduk Gaza meninggalkan rumah mereka, karena blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan Tel Aviv telah mengakibatkan krisis kemanusiaan yang akut bagi rakyat Palestina.

Tentara Israel telah mengakui bahwa mereka salah mengira sepeda sebagai RPG dalam serangan mematikan di Gaza.

Tentara Israel mempublikasikan rekaman serangannya terhadap dua warga Palestina dalam perjalanan kembali dari mengumpulkan bantuan.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat