androidvodic.com

Kapal Bantuan Kedua Bakal Lebih Banyak Bantuan Dikirim dari Siprus ke Gaza, Kata Menlu Siprus - News

Kapal Kedua Bakal Lebih Banyak Bantuan Dikirim dari Siprus ke Gaza, kata Menlu Siprus

News- Bakal ada lebih banyak bantuan akan dikirim dari Siprus ke Gaza, kata menteri Luar Negeri Siprus, Constantinos Kombos..

Pengiriman bantuan kedua akan dikirim dari Siprus ke Gaza dalam beberapa hari mendatang, kata menteri luar negerinya hari ini.

Semakin banyaknya penerimaan bahwa pulau tersebut dapat memainkan peran penting dalam mengirimkan pasokan melalui laut ke daerah kantong Palestina yang hancur, lapor Reuters.

Sebuah kapal yang membawa hampir 200 ton bantuan pangan untuk Gaza meninggalkan Siprus kemarin, meluncurkan rute maritim baru namun belum teruji untuk mendapatkan pasokan darurat bagi penduduk yang menurut lembaga kemanusiaan berisiko kelaparan akibat pemboman Israel selama lima bulan.

Pengiriman baru sedang dalam proses, kata Menteri Luar Negeri Siprus Constantinos Kombos.

Siprus, negara anggota Uni Eropa yang paling dekat dengan Timur Tengah, telah berkampanye selama berbulan-bulan untuk mendapatkan persetujuan atas rencananya untuk membangun koridor maritim langsung ke pesisir Gaza, mengingat adanya hambatan serius untuk mendapatkan bantuan melalui jalur darat.

“Intinya adalah mencoba memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan kepada orang-orang yang berada dalam situasi mengerikan ini,” kata Kombos kepada sekelompok kecil jurnalis.

“Anda tidak bisa melakukannya sendiri. Kita memerlukan koalisi yang terdiri dari para peserta yang bersedia, dan hal ini telah matang dalam dua hingga tiga minggu terakhir hingga mencapai titik di mana koalisi tersebut berkembang sangat pesat.”

Langkah-langkah lebih lanjut mengenai koordinasi bantuan lintas laut akan dibahas dalam panggilan konferensi hari ini dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron, Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah Bin Zayed, dan perwakilan Komisi Eropa, menurut Kombos.

Sebagian besar didanai oleh UEA, makanan yang dikumpulkan oleh badan amal World Central Kitchen (WCK) perlahan-lahan melintasi Mediterania hari ini dengan kapal tongkang yang ditarik oleh Open Arms, sebuah kapal penyelamat milik badan amal Spanyol, Proactiva Open Arms.

Waktu kedatangannya di Gaza masih belum jelas. WCK, yang telah berada di lokasi selama berbulan-bulan, membuat para pekerja berusaha keras untuk membuat dermaga yang terbuat dari puing-puing dan tanah di pantai Gaza agar kapal tersebut dapat mendekat.

“Kami yakin bahwa ketika bantuan sampai ke Gaza akan ada cara untuk menyalurkannya dan menyerahkannya ke tangan warga Gaza yang kelaparan dan sangat membutuhkan bantuan makanan ini,” kata Linda Roth, kepala komunikasi di WCK.

Dia berbicara di sebuah gudang di pinggiran Larnaca di mana pekerja bantuan sedang mengemas makanan kaleng ke dalam palet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat