androidvodic.com

Haiti bak Negara Tak Bertuan Setelah Dikuasai Bos Gangster, Washington Persiapkan Evakuasi Warga AS - News

News, PORT AU PRINCE - Tanggal 5 Maret 2024. Perdana Menteri Ariel Henry lepas landas dengan jet Gulfstream sewaan dari bandara New Jersey tanpa tujuan pasti.

Ia telah menghabiskan waktu berminggu-minggu bepergian di Afrika dan Amerika untuk mencoba menggalang dukungan internasional bagi negaranya.

Negara yang telah terperosok dalam kemiskinan kronis, ketidakstabilan politik, dan pemberontakan kelompok kriminal yang dipimpin oleh mantan polisi yang menjadi pemimpin geng, Jimmy Chérizier, yang dikenal sebagai "Barbekyu".

Saat Henry berada di luar negeri, Barbecue dan sekutunya mengoordinasikan serangan bersenjata yang menyerukan pemecatan Henry.

Mereka menyerbu kantor polisi dan penjara, membebaskan sekitar 3.700 narapidana, dan menyerang bandara di ibu kota, Port-au-Prince.

Hanya sekitar 100 dari sekitar 3.800 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Nasional Hairu yang masih berada di dalam fasilitas tersebut pada hari Minggu setelah para gengster melakukan pembobolan.

"Kami menghitung banyak mayat narapidana," kata Pierre Esperance dari Jaringan Nasional untuk Pembelaan Hak Asasi Manusia (HAM), sebagaimana dikutip dari AFP.

Seorang reporter AFP yang mengunjungi penjara tersebut pada Minggu mengamati sekitar selusin mayat di luar penjara dan hampir tidak ada orang di dalamnya.

Beberapa mayat mengalami luka-luka akibat peluru atau proyektil lainnya.

Dalam pernyataannya pada Minggu malam, Pemerintah Haiti mengatakan, pasukan keamanan telah menerima perintah untuk menggunakan semua cara hukum yang mereka miliki untuk menegakkan jam malam dan menahan mereka yang melanggar.

Dikatakan bahwa tujuannya adalah untuk memungkinkan pemerintah untuk menegakkan kembali ketertiban dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengambil alih kendali atas situasi.

Menteri Ekonomi Haiti Patrick Michel Boisvert menandatangani pernyataan tersebut sebagai pelaksana tugas perdana menteri.

Perdana Menteri Henry berada di Kenya minggu lalu untuk menandatangani perjanjian untuk mengerahkan polisi dari negara Afrika Timur untuk memimpin misi penegakan hukum dan ketertiban yang didukung oleh PBB ke negara yang dilanda geng tersebut.

Pemerintah Haiti terkenal lemah - penculikan dan kejahatan dengan kekerasan lainnya merajalela dan geng-geng digambarkan memiliki persenjataan yang jauh lebih baik daripada polisi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat