androidvodic.com

22 Maret Kaisar Jepang Naruhito & Permaisuri akan Kunjungi Masyarakat Terdampak Gempa di Ishikawa - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Kaisar Jepang Yang Mulia Kaisar Naruhito dan Permaisuri Jepang Masako akan mengunjungi Kota Wajima dan Kota Suzu di Prefektur Ishikawa, yang rusak parah akibat Gempa Semenanjung Noto pada tanggal 1 Januari 2024 lalu.

Kaisar dan permaisuri akan mengunjungi masyarakat terdampak bencana pada Jumat (22/3/2024).

Baca juga: Sebulan Pasca Gempa Noto Hanto Jepang, Para Pemagang Asing di Ishikawa Masih Merasa Cemas

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran (Kunaicho), Kaisar dan Permaisuri Masako akan berangkat dari Bandara Haneda dengan pesawat khusus, Jumat (22/3/2024) pagi.

Kaisar dijadwalkan tiba di Bandara Noto di Prefektur Ishikawa, di mana mereka akan menerima penjelasan tentang situasi kerusakan akibat gempa dari Gubernur Hiroshi.

Pada sore hari, helikopter Pasukan Bela Diri akan memasuki daerah yang terkena dampak parah di Kota Wajima dan mengamati situasi di kota di mana 102 orang meninggal, termasuk kematian terkait bencana.

Mereka juga akan mengunjungi para pengungsi.

Yang Mulia Kaisar kemudian akan melakukan perjalanan dengan helikopter ke Kota Suzu, di mana 103 orang tewas akibat tsunami, termasuk kematian terkait bencana.

Kaisar juga akan mengunjungi para korban di pusat-pusat evakuasi sebelum kembali ke Tokyo pada malam hari.

Baca juga: Pemagang Indonesia Putuskan Tetap Tinggal di Wilayah Noto Hanto Pasca Gempa Ishikawa Jepang

Janji temu ini dapat berubah jika terjadi cuaca buruk, dan jika sulit untuk dikunjungi pada hari ini, akan ditunda hingga awal bulan depan.

Menurut pembantu mereka, Yang Mulia sangat tertekan oleh banyaknya korban yang disebabkan oleh gempa bumi yang terjadi pada Hari Tahun Baru dan situasi di daerah yang terkena dampak.

Namun diyakini bahwa tanggap bencana setempat tidak boleh dihalangi, dan Badan Rumah Tangga Kekaisaran telah mengoordinasikan kunjungan mereka sambil menilai situasi di lapangan.

Ini akan menjadi pertama kalinya Yang Mulia mengunjungi daerah-daerah yang terkena bencana alam sejak mereka mengunjungi masyarakat terdampak bencana di Prefektur Miyagi dan Fukushima, yang rusak parah akibat hujan lebat yang disebabkan oleh topan pada tahun pertama Reiwa.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat