androidvodic.com

Parlemen Kanada akan Melakukan Pemungutan Suara Mengenai Mosi yang Mendukung Negara Palestina - News

Parlemen Kanada akan Melakukan Pemungutan Suara Mengenai Mosi yang Mendukung Negara Palestina

News- Parlemen Kanada akan melakukan pemungutan suara mengenai mosi yang mendukung hadirnya Negara Palestina.

Para legislator Kanada akan melakukan pemungutan suara hari ini mengenai mosi tidak mengikat yang mendukung pembentukan negara Palestina.

Tentu saja rencana Parleman Kanada ini menuai kecaman dari Israel dan dapat memperdalam perpecahan di dalam Partai Liberal yang berkuasa, menurut laporan Reuters.

Meskipun pemerintah bebas mengabaikan hasil pemungutan suara di DPR, hal ini dapat menimbulkan masalah politik bagi Perdana Menteri Justin Trudeau.

Mosi tersebut diajukan oleh kelompok minoritas Partai Demokrat Baru (NDP) yang berhaluan kiri, yang membantu mempertahankan kekuasaan Partai Liberal yang dipimpin Trudeau dan tidak senang dengan apa yang mereka lihat sebagai kegagalan Trudeau dalam berbuat cukup banyak untuk melindungi penduduk sipil di Gaza.

“Justin Trudeau bisa mengambil langkah berani demi perdamaian dan keadilan, tapi dia tidak punya keberanian,” kata pemimpin NDP Jagmeet Singh. “Itulah sebabnya kami mengajukan mosi untuk memaksa pemerintah Partai Liberal akhirnya membantu mengakhiri pertumpahan darah ini.” Ia menambahkan, warga Palestina dan Israel sama-sama berhak hidup damai.

Pekan lalu, Kanada mengatakan bahwa mereka telah menghentikan ekspor senjata tidak mematikan ke Israel sejak Januari karena situasi yang berkembang pesat di lapangan. Trudeau, meski menegaskan “hak Israel untuk mempertahankan diri”, telah mengambil sikap yang semakin kritis terhadap kampanye militer di Gaza.

Mosi tersebut menyerukan Kanada untuk secara resmi mengakui Negara Palestina – sebuah langkah yang belum pernah dilakukan oleh anggota Kelompok Tujuh (G7) – dan menangguhkan semua perdagangan barang dan teknologi militer dengan Israel.

Mereka juga menuntut gencatan senjata segera dan diakhirinya transfer senjata ilegal ke Hamas, serta menyerukan gerakan perlawanan untuk membebaskan semua sandera yang mereka sandera selama serangan bersenjata tanggal 7 Oktober.

Ada tanda-tanda perpecahan yang jelas di dalam kaukus Partai Liberal mengenai kebijakan terhadap konflik Gaza, dengan banyak anggota parlemen terkemuka yang mendukung dan menentang usulan tersebut.

Duta Besar Israel untuk Kanada, Iddo Moed, mengeluarkan pernyataan hari ini yang mengutuk pemungutan suara tersebut.

“Memberdayakan pejuang Hamas hanya akan menimbulkan lebih banyak pertumpahan darah dan membahayakan penyelesaian konflik secara damai,” klaimnya.

Juru bicara urusan luar negeri NDP Heather McPherson menjelaskan mosi tersebut dirancang untuk selaras dengan hukum internasional dan bukannya menimbulkan masalah bagi kaum Liberal.

“Kami berharap mendapat dukungan dari kaum Liberal dan kami tentu melihat lebih banyak gerakan dari mereka selama beberapa hari terakhir,” katanya kepada Canadian Broadcasting Corporation.

(Sumber: Middle East Monitor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat