androidvodic.com

Rusia Curiga, AS Langsung Klaim Pelaku Teror Crocus adalah ISIS Tanpa Tunggu Pengadilan - News

News -- Rusia mencurigai ada agenda khusus dibalik klaim Amerika Serikat yang menuding pelaku teror di Crocus, Moskow, adalah kelompok ISIS.

Duta Besar Rusia untuk AS Anatoly Antonov mengatakanada satu hal yang mengkhawatirkan. AS mencoba untuk menentukan terlebih dahulu bahwa ISIS bertanggung jawab atas tragedi di negara kita.

“Sebuah pertanyaan sederhana yang dapat ditanyakan oleh siapa pun, warga negara Rusia mana pun: mengapa orang-orang ini, para bandit ini, berusaha melarikan diri dari Moskow menuju perbatasan Ukraina?” kata Antonov dikutip dari Russia Today, Selasa (26/3/2024).

Baca juga: Apresiasi Resolusi DK PBB, HNW: Gencatan Senjata Di Gaza Harus Segera Dilaksanakan

Dia menambahkan bahwa fakta ini saja “memerlukan perhatian dan penyelidikan khusus.

Dia menambahkan bahwa dia dan diplomat Rusia lainnya yakin bahwa lembaga penegak hukum Moskow akan melakukan penyelidikan dan mengungkap siapa yang berada di balik para teroris.

Empat pria bersenjata melakukan aksi teror menjelang pertunjukan band rock Rusia Picnic, pada Jumat (22/3/2024).

Tanpa pandang bulu mereka menembaki warga sipil dan membakar tempat tersebut.

Itu adalah aksi terorisme terburuk di Rusia sejak awal tahun 2000an dan menyebabkan 139 orang tewas dan lebih dari 180 orang terluka.

Dinas keamanan Rusia menahan empat tersangka pelaku yang melarikan diri dari tempat kejadian, yang diidentifikasi sebagai etnis Tajik, di Wilayah Bryansk tidak jauh dari perbatasan Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin menggambarkan para tersangka sebagai “Islam radikal,” dan mengatakan bahwa mereka tertangkap melarikan diri “menuju Ukraina dimana, menurut data awal, sebuah jendela untuk melintasi perbatasan telah disiapkan.”

AS, bersama dengan banyak sekutunya, bersikeras bahwa ISIS adalah pihak yang harus disalahkan atas penembakan tersebut, dan bahwa Kiev tidak ada hubungannya dengan insiden tersebut, dan pada saat yang sama memberikan dukungan militer besar-besaran kepada Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia.

Baca juga: Mengapa ISIS menyerang Rusia dan menganggapnya sebagai musuh?

Profesor riset di Sekolah Tinggi Ekonomi dan peneliti utama di Institut Ekonomi Dunia dan Hubungan Internasional, Dmitry Trenin dalam sebuah tulisannya mengatakan, versi pemerintah AS mengenai kaitan ISIS dengan serangan tersebut ditanggapi dengan skeptis oleh para pejabat dan komentator Rusia.

Pertama, mereka terkejut dengan betapa cepatnya – dalam hitungan menit – Washington menuding kelompok tersebut. Hal yang juga menarik perhatian pengamat Rusia adalah referensi AS terhadap situs berita terkait ISIS yang mengaku bertanggung jawab atas kejahatan tersebut.

Biasanya, semua sumber tersebut harus melalui pemeriksaan menyeluruh. Tapi tidak kali ini. Tokoh-tokoh di Rusia juga mencatat bahwa juru bicara Amerika segera, dan tanpa disuruh, menyatakan bahwa Ukraina sama sekali tidak terkait dengan aksi teror.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat