androidvodic.com

Mulai 1 April 2024 Pengajuan Visa Lewat Konjen Jepang di Surabaya Dialihkan ke VFS Global - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Mulai 1 April 2024, permohonan pengajuan visa lewat Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya akan dialihkan ke kantor VFS Global.

"Dibukanya VFS dikarenakan meningkatnya jumlah pengunjung dari Indonesia ke Jepang akhir-akhir ini dan tujuannya untuk meningkatkan pelayanan pengajuan visa, dan tidak ada alasan lain selain itu," ungkap Konjen Jepang untuk Surabaya, Kenichi Takeyama khusus kepada News baru-baru ini.

Baca juga: Jepang Merilis Visa Digital Nomad 6 Bulan untuk 49 Negara, Termasuk Indonesia, Mulai 1 April 2024

Menurut Kenichi Takeyama, selama ini permohonan visa untuk perorangan hanya diterima pada pagi hari.

"Namun dengan VFS, permohonan kini diterima pada sore hari juga, dan kini kita semua dapat menerima notifikasi status permohonan visa melalui email. Lebih nyaman bagi masyarakat yang mengajukan aplikasi visa tersebut," lanjutnya.

Diketahui Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya mengumumkan, pada 13 April Pusat Aplikasi Visa Jepang yang baru didirikan akan menerima dan mengeluarkan aplikasi visa untuk Jepang dan mengajukan permohonan pendaftaran pembebasan visa untuk paspor IC (paspor) per 1 April dialihkan ke VFS Global.

Pusat aplikasi visa Jepang akan berlokasi di lantai 12 Graha Bukopin Surabaya di Jalan Panglima Sudirman, Surabaya, Jawa Timur.

Aplikasi diterima dari jam 08.00 WIB - 16.00 sore untuk aplikasi individu dan jam 08.00 WIB - siang untuk agen perjalanan.

Jam pengiriman adalah 13.00 - 14.00 WIB.

Kantor tutup pada hari Sabtu, Minggu dan pada hari-hari ketika Konsulat Jenderal ditutup.

Baca juga: Jepang Buat Aturan Visa Digital Nomad untuk Warga Asing, Minimal Pendapatan 10 Juta yen per Tahun

Ada biaya terpisah untuk mengajukan visa dan untuk pendaftaran pembebasan visa untuk paspor IC.

Menurut Konsulat Jenderal Surabaya, jumlah aplikasi visa telah meningkat dibandingkan dengan 2019, sebelum wabah infeksi virus corona.

Jumlah visa terbaru yang dikeluarkan (tidak termasuk jumlah pendaftaran untuk paspor IC) pada bulan Januari - Desember 2022 sebanyak 10.975 pengajuan visa.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat