androidvodic.com

2 Jenderal IRGC Tewas dalam Serangan Udara Israel di Damaskus, Iran Bertekad Balas Dendam - News

News - Dua komandan Korps Garda Revolusi Islam Iran atau IRGC tewas dalam serangan udara di kompleks kedutaan Iran di Damaskus, Suriah, Senin (1/4/2024).

Brigjen Mohammad Reza Zahedi dan Brigjen Mohammad Hadi Haji Rahimi, tewas dalam serangan itu, bersama lima petugas lainnya, yakni Hossein Amanollahi, Mehdi Jalalati, Mohsen Sadaqat, Ali Agha Babaei dan Ali Salehi Rozbahani, dilansir The Nastional.

Brigjen Zahedi adalah komandan Pasukan Quds IRGC di Lebanon dan Brigjen Rahimi adalah komandan senior di cabang operasi luar negeri IRGC.

Total sedikitnya 11 orang tewas dalam serangan itu, kata seorang pemantau perang yang berbasis di Inggris.

“Korban tewas akibat serangan Israel di gedung kedutaan Iran telah meningkat menjadi 11: delapan warga Iran, dua warga Suriah, dan satu warga Lebanon – semuanya pejuang, tidak satu pun warga sipil,” kata Rami Abdulrahman, kepala Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kepada AFP.

Serangan tersebut merupakan serangan paling signifikan terhadap sasaran Iran sejak perang meletus antara Israel dan Hamas.

“Dengan membunuh komandan Zahedi di jantung kota Damaskus, Israel ingin memancing Iran melakukan konfrontasi langsung,” kata sumber yang dekat dengan sekutu Iran di wilayah tersebut kepada The National.

Serangan tersebut menimbulkan kekhawatiran akan peningkatan lebih lanjut di pihak lain yang melawan Israel, termasuk dari kelompok yang didukung Iran di Yaman dan Lebanon, ujar sumber itu menambahkan.

Personel darurat dan keamanan berkumpul di lokasi kejadian setelah serangan terhadap komplek kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Senin (1/4/2024).
Personel darurat dan keamanan berkumpul di lokasi kejadian setelah serangan terhadap komplek kedutaan Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, pada hari Senin (1/4/2024). (AFP)

Iran mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk serangan tersebut

Dalam suratnya kepada Sekretaris Jenderal PBB, Kuasa Usaha Iran di PBB, Zahra Ershadi, menuduh Israel dengan sengaja menargetkan lokasi diplomatiknya di Damaskus.

Ershadi meminta Dewan Keamanan untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan termasuk melalui pertemuan mendesak untuk mengatasi pelanggaran berat dan mencegah tindakan agresi di masa depan yang membahayakan keamanan dan keselamatan misi diplomatik.

Sumber militer Suriah mengatakan kepada The National bahwa Israel melancarkan serangan dari arah Dataran Tinggi Golan yang diduduki pada pukul 5 sore pada hari Senin.

Baca juga: PROFIL Brigjen Reza Zahedi, Jenderal Senior Iran yang Tewas dalam Serangan Udara Israel di Damaskus

Dia mengatakan bahwa beberapa rudal ditembak jatuh oleh pertahanan udara Suriah.

Serangan itu meratakan kediaman lima lantai duta besar di Damaskus.

Gedung itu merupakan bagian dari kompleks kedutaan Iran di kota tersebut dan merupakan lokasi konsulat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat