androidvodic.com

Israel Rudal Konvoi Mobil Relawan WCK karena Curiga Ada Hamas Ikut Rombongan, Tiga Mobil Dihabisi - News

Israel Rudal Konvoi Mobil Relawan WCK karena Curiga Ada Hamas Ikut Rombongan, Tiga Mobil Dihabisi

News- Israel menenangkan sekutunya dengan pemecatan atas pembunuhan konvoi bantuan.

Tentara mengatakan serangan terhadap pekerja WCK dilakukan karena identitas palsu dari pria bersenjata Hamas.

Tentara Israel pada tanggal 5 April memecat dua petugas dan secara resmi menegur beberapa orang lainnya yang terlibat dalam serangan mematikan yang menewaskan tujuh pekerja bantuan dari World Central Kitchen (WCK) beberapa hari sebelumnya.

Tentara mengumumkan hasil penyelidikannya pada hari Jumat, yang dilakukan oleh Mekanisme Penilaian Pencarian Fakta Staf Umum militer.

Ditemukan bahwa serangan udara tersebut diperintahkan atas kecurigaan kehadiran anggota bersenjata Hamas dalam konvoi WCK.

Hal ini terjadi meskipun kecurigaan tersebut belum terkonfirmasi dan bertentangan dengan peraturan militer, menurut badan pencari fakta militer.

“Meskipun tidak ada informasi mengenai orang-orang bersenjata di kendaraan kedua dan ketiga, mereka juga tetap masih diserang, dalam hitungan menit satu sama lain, tanpa alasan yang jelas,” kata penyelidikan tersebut.

“Mereka yang menyetujui serangan itu yakin bahwa mereka menargetkan operasi bersenjata Hamas dan bukan karyawan WCK,” kata tentara Israel dalam sebuah pernyataan melalui X.

Hal ini menambahkan bahwa kesimpulan penyelidikan mengenai insiden di mana karyawan secara keliru menjadi sasaran IDF pasukan disampaikan kepada Kepala Staf Umum IDF LTG Herzi Halevi.

Hasilnya disampaikan kepada WCK dan duta besar negara-negara yang warganya tewas dalam serangan tersebut oleh Kepala Staf Umum Mekanisme Penilaian Pencarian Fakta, Yoav Har-Even.

Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi memerintahkan pemecatan Kolonel Nochi Mendel dari Brigade Infanteri Nahal, serta petugas koordinasi senjata brigade tersebut, karena keterlibatan mereka dalam memerintahkan penyerangan terhadap konvoi WCK.

Tiga orang lainnya secara resmi ditegur karena bertanggung jawab secara keseluruhan atas insiden tersebut.

Seorang penerjemah Palestina dan pekerja bantuan dari Australia, Polandia, dan Inggris tewas dalam serangan pada hari Senin, serta seorang warga negara ganda AS-Kanada.

Menurut rincian yang diterbitkan oleh Haaretz sehari setelah serangan tersebut, sebuah pesawat tak berawak Israel menargetkan konvoi tersebut dengan sebuah rudal, yang mendorong para pekerja untuk meninggalkan kendaraan mereka dan memasuki kendaraan lain, dan memberi tahu atasan mereka tentang serangan tersebut.

Beberapa detik kemudian, rudal kedua menghantam kendaraan yang mereka tumpangi.

Saat mereka mengangkut korban luka yang selamat ke kendaraan ketiga konvoi, rudal terakhir ditembakkan, menewaskan ketujuh orang tersebut secara bersamaan.

Beberapa pemimpin dunia mengutuk serangan udara tersebut dan menuntut penyelidikan segera.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat