androidvodic.com

Israel Sebut Qatar Ancaman bagi Perdamaian Dunia, Serigala Berbulu Domba, Begini Kata Menteri Israel - News

Israel Menyebut Qatar Sebagai Ancaman bagi Perdamaian Dunia, Begini Kata Menteri Ekonomi Israel

News- Menteri Ekonomi Israel menyebut Qatar sebagai ancaman bagi perdamaian dunia.

Qatar telah memainkan peran sebagai mediator gencatan senjata selama berbagai perang antara Israel dan kelompok perlawanan Palestina.

Menteri Ekonomi Israel, Nir Barkat, mengatakan dia kurang percaya pada kemampuan mediasi Qatar dengan Hamas dan menuduh Doha mendanai teror di seluruh dunia dalam wawancara dengan Bloomberg TV pada 4 April.

“Mereka adalah serigala berbulu domba,” kata Barkat. “Kita harus menyadari bahwa mereka, bersama dengan Iran, adalah ancaman besar… Kita harus bangun.”

Dia menambahkan bahwa ancaman ini tidak hanya diarahkan pada Israel, tetapi juga keseluruhan aliansi dengan Uni Emirat Arab, Saudi, dan negara-negara Arab modern, menekankan bahwa Qatar dan Iran adalah ancaman besar bagi perdamaian di dunia.

Bloomberg mencatat bahwa tidak jelas apakah Barkat, anggota Partai Likud pimpinan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengambil sikap resmi pemerintah atau menyuarakan pendapat pribadinya. Barkat menolak berkomentar mengenai masalah ini.

Kantor berita keuangan yang berbasis di New York mencatat bahwa Qatar tidak menanggapi permintaan komentar.

“Saya percaya pada orang Mesir; Mesir memiliki perjanjian damai dengan Israel,” kata Menteri Perekonomian.
“Tetapi Qatar memberikan tempat yang aman bagi para pemimpin Hamas, mendanai triliunan dolar, membeli ideologi mereka di Amerika Serikat, membeli ideologi mereka di seluruh dunia.”

Baca juga: Israel Tinggalkan Perundingan Gencatan Senjata di Qatar, Hamas Tolak Usulan Proposal Baru

Doha telah lama menjadi mediator gencatan senjata antara perlawanan Palestina dan Israel. Menyusul dimulainya genosida Israel di Gaza pada Oktober lalu, Doha mengupayakan kesepakatan damai paling cepat satu hari setelah 7 Oktober.

Sebagai hasil dari upaya Qatar dalam memediasi perdamaian antara kedua entitas tersebut, banyak tahanan Palestina telah dibebaskan, dan tawanan Israel kembali.

Perundingan gencatan senjata baru-baru ini menemui jalan buntu di Doha dan dilanjutkan kembali di Kairo. Namun, kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pekan lalu mengkonfirmasi bahwa ia menyetujui putaran perundingan berikutnya, dalam beberapa hari mendatang, di Doha dan Kairo.

Para perunding Hamas tetap jelas dalam tujuan mereka untuk melakukan gencatan senjata tanpa syarat dan penarikan seluruh pasukan Israel dari Gaza.

Pemimpin kelompok perlawanan, Mahmoud Mardawi, berbicara tentang paket mediasi baru yang disuarakan oleh Israel, baru-baru ini mengatakan, “Jika proposal baru tidak menyertakan jawaban nyata yang menjadi dasar peluang kesepakatan, maka hal tersebut hanya membuang-buang waktu,” katanya.


Israel: Qatar Tidak Dapat Dipercaya sebagai Perantara Hamas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat