androidvodic.com

Kondisi di Haiti Sudah Seperti 'Akhir Zaman' Pembunuhan Terjadi di Mana-mana - News

News -- Kekerasan di Haiti semakin tak terkendali, aksi main hakim sendiri para gangster terjadi di mana-mana.

Negara Karibia tersebut mengalami tingkat kekerasan yang oleh pengamat HAM dikatakan belum pernah terjadi sebelumnya.

Bahkan pakar PBB memperingatkan situasi ‘apokaliptik’ atau kehancuran masa lalu dan masa depan di Haiti.

Pakar HAM William O’Neill saat dimintai keterangan oleh Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengatakan, kondisi di Haiti dengan sedang menuju masa “masa terburuk” di Somalia saat itu.

Baca juga: Geng Kriminal di Haiti Rusuh, 12 Mayat Ditemukan di Pinggir Kota

“Jujur saja, saya kehabisan kata-kata saat ini. Haiti telah mengalami kekerasan dan kekacauan yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak geng-geng mengambil alih sebagian besar ibu kota bulan lalu,” kata pengamat hak asasi manusia William O’Neill kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB awal pekan ini dikutip dari The Guardian.

“Ini apokaliptik, ini seperti akhir zaman.” Dia menambahkan bahwa ibu kota, Port-au-Prince, mengalami “tingkat intensitas dan kekejaman dalam kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pengalaman saya di Haiti.”

Layanan kesehatan dan layanan publik lainnya telah hancur akibat kekerasan geng, dan sekolah, rumah sakit, bank, dan institusi lainnya sering menjadi sasaran serangan.

Bandara internasional telah ditutup sejak bulan lalu, dan geng-geng tersebut mengontrol akses ke semua jalan utama masuk dan keluar ibu kota.

Geng-geng tersebut mengenakan biaya untuk setiap kendaraan dan orang yang bergerak melalui wilayah yang mereka kendalikan.

Pemberontakan geng dimulai pada 29 Februari, memaksa Perdana Menteri Ariel Henry mengundurkan diri saat mengungsi di wilayah AS di Puerto Rico.

Haiti, yang belum memiliki presiden sejak Jovenel Moise dibunuh pada tahun 2021, saat ini tidak memiliki pemimpin terpilih. Dewan transisi sedang dibentuk untuk membentuk pemerintahan baru.

Baca juga: Penjara Haiti Terbakar saat Kekacauan dan Kerusuhan Geng Bersenjata Terus Berlanjut di Ibu Kota

O’Neill sebelumnya pernah bekerja dalam krisis kemanusiaan di negara-negara seperti Rwanda, Sierra Leone, Bosnia dan Nepal.

“Di sini menurut saya yang berbeda adalah negara hampir tidak ada,” ujarnya.

“Tidak ada negara bagian, dan ini hampir seperti dunia Hobbes di mana yang terkuat adalah yang bertahan hidup dan sayangnya, yang terkuat saat ini adalah geng.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat