androidvodic.com

Ukraina Kehabisan Amunisi, Anggota NATO Siap Kirim Paket Senjata - News

News -- Di tengah menipisnya persenjataan Ukraina, angin segar berembus dari NATO. Pakta pertahanan Atlantik Utara itu mengatakan sejumlah anggotanya segera memberikan bantuan paket senjata.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, dalam beberapa hari ini ada negara anggotanya yang menyumbangkan sistem pertahanan udara ke Ukraina.

“Sekutu memahami urgensinya dan oleh karena itu saya menyambut baik pengumuman dari beberapa Sekutu untuk memberikan lebih banyak amunisi dan lebih banyak jenis sistem ke Ukraina," kata Stoltenberg, Kamis (4/4/2024) dikutip dari media pemerintah Ukraina, Ukrinform.

Baca juga: Ukraina Sudah Tak Berdaya Hanya Berharap Kesalahan Rusia, Janji Bantuan AS Tak Berguna

Mereka juga memahami urgensi untuk meningkatkan pertahanan udara pada khususnya. Oleh karena itu, Sekutu sekarang akan mundur dan memeriksa inventaris mereka, mencari cara untuk menyediakan lebih banyak sistem, khususnya Patriot.

Namun, tentu saja, memastikan bahwa sistem yang sudah ada memiliki amunisi dan suku cadang sehingga semuanya dapat berfungsi. Jadi ini bukan hanya soal sistem, baterai, tapi juga soal pengiriman pencegat ke sistem yang sudah ada di Ukraina,” kata Stoltenberg.

“Beberapa Sekutu berjanji bahwa mereka harus melakukan upaya baru untuk menemukan apa yang mereka bisa. Saya tidak akan menjelaskan secara spesifik sebelum mereka bisa menyimpulkan, tapi saya hanya membuat daftar beberapa Sekutu yang baru saja menyelesaikan misi terakhir mereka. beberapa hari membuat pengumuman baru tentang dukungan tambahan," tambahnya.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memberikan informasi terbaru kepada Sekutu mengenai kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang Ukraina serta kemajuan reformasinya.

Menurut Stoltenberg, situasi di medan perang di Ukraina masih serius. Ukraina membutuhkan lebih banyak pertahanan udara, lebih banyak amunisi, dan lebih banyak bantuan.

Stoltenberg menyambut baik upaya Sekutu untuk terus memberikan pengumuman baru yang besar. Dalam beberapa hari terakhir, dana ini mencakup hampir EUR 600 juta dari Jerman untuk inisiatif artileri yang dipimpin Ceko, serta 10.000 drone dari Inggris, lebih banyak rudal dan kendaraan lapis baja dari Perancis, dan baru kemarin, paket bantuan baru dari Finlandia senilai €188 juta.

"Tetapi kita perlu berbuat lebih banyak lagi. Dan kita perlu memberikan dukungan kita pada dasar yang lebih kuat dan lebih bertahan lama. Kemarin, Sekutu setuju untuk bergerak maju dengan merencanakan peran NATO yang lebih besar dalam mengoordinasikan bantuan keamanan dan pelatihan yang diperlukan untuk Ukraina. Hal ini pekerjaan akan berlanjut dalam beberapa minggu ke depan,” katanya.

Baca juga: Ukraina Sudah Tak Berdaya Hanya Berharap Kesalahan Rusia, Janji Bantuan AS Tak Berguna

Sekjen NATO itu mengatakan, anggotanya hanya bisa membantu memasok senjata, namun organisasi tersebut tidak akan mengirimkan pasukannya ke Ukraina.

Sementara Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren menganggap proposal Jens Stoltenberg untuk menciptakan dana NATO untuk Ukraina senilai €100 miliar "sangat menarik."

Dia mengatakan hal ini dalam komentarnya kepada koresponden Ukrinform di Den Haag.

Ollongren mencatat bahwa perlu untuk "mempelajari rincian proposal Sekretaris Jenderal NATO ini".

“Saat ini kami sedang mengoordinasikan bantuan kepada Ukraina dalam Contact Group on Ukraina’s Defense, yang disebut dengan format Ramstein. Ini adalah format khusus dalam menanggapi invasi besar-besaran Rusia. Sayangnya, perang ini kemungkinan akan berlangsung lama, jadi saya selalu tertarik untuk memperkuat koordinasi bantuan militer ke Ukraina. Jadi menurut saya ini adalah usulan yang sangat menarik dan saya berharap dapat membahasnya dalam konteks NATO,” kata Menteri Pertahanan Belanda.

Seperti diberitakan, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengusulkan untuk membuat dana untuk membiayai bantuan militer ke Ukraina dengan anggaran sebesar €100 miliar untuk lima tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat