androidvodic.com

Perlawanan Palestina Mengatakan Tak Ada Kemajuan Perundingan Gencatan Senjata, Mesir Optimistis - News

Perlawanan Palestina Mengatakan Tak Ada Kemajuan Perundingan Gencatan Senjata, Mesir Optimistis

News- Perlawanan Palestina mengatakan ‘tidak ada kemajuan’ dalam perundingan gencatan senjata di Gaza sementara Mesir menunjukkan optimisme.

Media Ibrani terombang-ambing antara optimisme yang hati-hati dan pesimisme yang terus berlanjut atas perundingan yang sedang berlangsung.

Sebuah sumber di kelompok perlawanan Palestina mengatakan pada tanggal 8 April bahwa tidak ada kemajuan yang dicapai dalam pembicaraan terakhir mengenai gencatan senjata di Gaza dan kesepakatan pertukaran tahanan, satu hari setelah perwakilan Hamas melakukan perjalanan ke Kairo untuk melakukan diskusi baru.

“Semua upaya… dan upaya yang dilakukan oleh para mediator untuk mencapai kesepakatan dan pertukaran kesepakatan telah ditanggapi dengan keras kepala dan kegagalan oleh pihak pendudukan,” kata sumber tersebut kepada Al-Mayadeen, seraya menambahkan bahwa Hamas memasuki kembali perundingan tersebut dipersenjatai dengan suara bulat warga Palestina.

Tuntutan-tuntutan tersebut mencakup gencatan senjata segera dan diakhirinya perang, penarikan seluruh pasukan dari Gaza, pemulangan warga Palestina yang kehilangan tempat tinggal, dan rekonstruksi wilayah yang dilanda perang, serta pembukaan semua penyeberangan dan masuknya bantuan tanpa hambatan.

“Sampai saat ini, tidak ada kemajuan dalam negosiasi… Media Zionis melakukan praktik kebohongan dan penipuan untuk menipu masyarakatnya melalui berita palsu.”

Seorang pejabat Hamas yang tidak disebutkan namanya juga mengatakan kepada Reuters pada tanggal 8 April bahwa “tidak ada perubahan dalam posisi pendudukan dan oleh karena itu, tidak ada hal baru dalam perundingan di Kairo… Belum ada kemajuan.”

Beberapa media Ibrani melaporkan optimisme yang hati-hati mengenai perundingan gencatan senjata.

Sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Channel 12 bahwa “kami sudah berada dalam tahap yang paling dekat dengan kesepakatan dalam beberapa bulan terakhir dan kali ini berbeda.”

Media Israel lainnya menyatakan sentimen sebaliknya. Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Ynet bahwa masih belum ada kesepakatan yang akan terjadi.

Pejabat itu menambahkan bahwa jarak [antara kedua tim] masih jauh dan sejauh ini tidak ada hal dramatis yang terjadi.

Surat kabar Al-Qahera yang berafiliasi dengan pemerintah Mesir melaporkan pada hari Senin bahwa kemajuan signifikan telah dicapai dan bahwa Hamas dan perwakilan Israel akan kembali ke ibu kota Mesir dalam dua hari untuk menyelesaikan kesepakatan tersebut.

Harian Mesir tersebut melaporkan kemajuan signifikan dalam beberapa poin kesepakatan yang kontroversial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat