androidvodic.com

4 Strategi Iran Mencegah Serangan Balasan Israel, Potensi Cyber Attack Ikut Diwaspadai - News

News - Iran kini terus memersiapkan diri menghadapi serangan balasan Israel yang mengaku telah berjanji untuk mengambil langkah "pertanggunganjawaban" terhadap serangan rudal dan drone yang diluncurkan oleh Tehran pada akhir pekan lalu.

Dikutip News dari Al Jazeera, Kabinet perang Israel juga dikabarkan telah bertemu beberapa kali untuk mendiskusikan langkah tindakan terhadap Iran.

Potensi langkah "balas dendam" Israel ini kian menguat setelah kepala staf tentara Israel, Herzi Halevi, mengatakan bahwa respons militer adalah hal yang pasti.

Hal serupa juga diutarakan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang mengumumkan bahwa Israel akan tetap membalas serangan balasan Iran pada Sabtu (13/4/2024) malam.

Pernyataan itu diumumkan setelah pertemuan Netanyahu dengan Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, dan Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock.

Netanyahu menolak saran dari Inggris dan Jerman untuk menahan diri dari membalas Iran.

"Saya baru saja datang dari pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris dan Jerman. Tadi malam saya berbicara dengan Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, dan saya juga akan berbicara dengan para pemimpin lainnya," kata Netanyahu, Rabu (17/4/2024).

"Kami akan membuat keputusan sendiri mengenai tanggapan terhadap serangan Iran. Kami akan melakukan segala yang diperlukan untuk mempertahankan diri," lanjutnya, dikutip dari Al Arabiya.

Tak gentar akan langkah yang akan diambil Israel, pada hari Rabu (17/4/2024) waktu setempat, Presiden Iran, Ebrahim Raisi, mengancam akan memberikan tanggapan yang lebih besar dan "keras" jika Israel memutuskan untuk meluncurkan serangan militer langsung ke tanah Iran.

Jadi seberapa efektifkah Iran dapat membela diri jika serangan semacam itu terjadi?

Berikut 4 strategi yang bakal diterapkan Iran untuk menanggapi serangan balik Israel yang dirangkum dari berbagai sumber

Baca juga: Konflik Iran-Israel Disebut Tak Ganggu Cadangan BBM Dalam Negeri, Pemerintah Tegaskan Tetap Waspada

1. Mengandalkan Persenjataan yang Dimiliki Kelompok Lokal

Houthi Yaman telah merekrut 2.000 pasukan baru untuk membantu melancarkan serangan ke kapal-kapal dagang yang terafiliasi dengan Israel dan sekutunya di Laut Merah.
Houthi Yaman telah merekrut 2.000 pasukan baru untuk membantu melancarkan serangan ke kapal-kapal dagang yang terafiliasi dengan Israel dan sekutunya di Laut Merah. Kelompok militer sejenis juga bermekaran di Iran (Al Jazeera)

Selama beberapa dekade terakhir, warga lokal Iran tak hanya memiliki kemandirian menyangkut ekonominya, namun dorongan serupa juga dapat dilihat di sektor militernya.

Kekuatan persenjataan masyarakat yang dimiliki kelompok sipil atau lokal yang tak terafiliasi dengan pemerintah ini terus berkembang mengingat mereka perlu memiliki kemandirian dalam menghadapi agresi militer dari berbagai pihak.

Sebagian besar sentimen tersebut berakar dari delapan tahun perang Iran dengan negara tetangganya, Irak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat