androidvodic.com

AS Kembali Ancam China: Larang Ekspor Mesin, Mikroelektronik dan Optik ke Rusia untuk Bikin Senjata - News

News, JAKARTA - Sejumlah diplomat senior Amerika Serikat (AS) kompak mengeluarkan ancaman kepada China agar tidak bermain mata dengan Rusia dalam konflik Rusia-Ukraina.

AS melarang China agar tidak mengekspor teknologi peralatan mesin, mikroelektronik dan optik ke Rusia karena khawatir itu akan digunakan Rusia untuk membuat senjata baru untuk melanjutkan perangnya dengan Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken sudah memperingatkan para pejabat Tiongkok tentang konsekuensi yang akan didapat China jika China nekat melakukan ekspor material ke Rusia yang berpotensi digunakan untuk keperluan militer, ketika ia melakukan perjalanan ke Beijing pada hari Rabu pekan lalu.

Blinken, yang dijadwalkan singgah di Beijing dan Shanghai selama perjalanan tiga hari ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT), berencana bertemu dengan Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Dia akan “mengulangi kembali keprihatinan mendalam mengenai dukungan RRT terhadap basis industri pertahanan Rusia,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS kepada wartawan.

Yang menjadi masalah adalah ekspor peralatan mesin, mikroelektronik, optik, dan produk lainnya dari Tiongkok yang dapat digunakan untuk membuat senjata di tengah konflik di Ukraina.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen juga sudah mengeluarkan peringatan serupa ketika dia mengunjungi Tiongkok awal bulan ini.

“Kekhawatirannya adalah bahwa melalui dukungan Tiongkok, Rusia telah membangun kembali sebagian besar basis industri pertahanannya, yang berdampak tidak hanya pada medan perang di Ukraina, namun juga menimbulkan ancaman yang lebih besar, kami yakin, terhadap keamanan Eropa yang lebih luas,” juru bicara Departemen Luar Negeri AS dikatakan.

Baca juga: Ketakutan Hadapi Kekuatan Militer Rusia, Polandia Persikan AS Bikin Pangkalan Nuklir di Negaranya

“Jadi hal ini sangat memprihatinkan bagi kami. Kami akan menyampaikan kekhawatiran tersebut kepada Tiongkok, dan kami akan menyatakan niat kami agar Tiongkok membatasi dukungan tersebut," lanjutnya.

Departemen Luar Negeri telah memperingatkan bahwa mereka akan mengambil “langkah lebih lanjut jika diperlukan” untuk menghalangi Tiongkok membantu industri pertahanan Rusia.

“Kami berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membela kepentingan nasional kami, dan kami siap untuk mengambil langkah-langkah ketika kami yakin perlu terhadap perusahaan-perusahaan yang mengambil langkah-langkah yang bertentangan dengan kepentingan kami dan dengan cara yang – seperti yang telah kami tunjukkan di sini – sangat melemahkan keamanan di Ukraina dan Eropa,” kata juru bicara tersebut.

Baca juga: Hadapi Rusia yang Makin Merajalela, Negara-negara NATO Tempatkan Pasukan di Kiev

Blinken mengangkat isu tersebut saat bertemu dengan para pemimpin G7 awal pekan ini di Italia.

Dia tidak akan merinci potensi hukumannya selama pembicaraan di Beijing, namun sanksi baru dapat menargetkan lembaga keuangan Tiongkok, Financial Times melaporkan, mengutip orang-orang yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui masalah tersebut.

Amerika “sangat berterus terang” mengenai kekhawatirannya dan akan “meminta pertanggungjawaban Tiongkok” atas tindakannya dalam menyediakan teknologi penggunaan ganda kepada Rusia sambil mencoba memperkuat hubungannya dengan Eropa, kata Wakil Menteri Luar Negeri Kurt Campbell.

“Apa yang kami coba garis bawahi dengan lawan bicara Eropa dan Tiongkok adalah bahwa tujuan ganda ini tidak konsisten, dan kami ingin Tiongkok memikirkan dengan sangat hati-hati mengenai masa depan.”

Para pejabat Tiongkok mempertahankan kebijakan netralitas dalam konflik Ukraina dan bersikeras bahwa Beijing tidak menjual senjata ke Rusia. Mereka marah atas tuduhan pelanggaran sanksi Barat yang dijatuhkan terhadap Moskow.

“Tiongkok mengatur ekspor barang-barang penggunaan ganda sesuai dengan undang-undang dan peraturan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Mao Ning kepada wartawan awal pekan ini.

“Negara-negara terkait tidak boleh mencoreng atau menyerang hubungan normal antara Tiongkok dan Rusia dan tidak boleh merugikan hak dan kepentingan sah Tiongkok dan perusahaan Tiongkok.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat