androidvodic.com

Bantuan Militer AS Bikin Rusia Makin Kalap, Bombardir Poros Donetsk Taklukkan Bogdanovka - News

News -- Bantuan militer Amerika Serikat senilai hampir Rp 1.000 triliun untuk Ukraina telah disetujui, namun akan dikirimkan pada akhir pekan ini.

Rusia yang mengetahui DPR AS telah menyetujui bantuan tersebut makin kalap. Pasukan Vladimir Putin terus membombardir poros Donetsk dan menaklukkan Bogdanovka.

Di poros itu, Rusia juga mengklaim menangkis dua serangan balik pasukan Ukraina di dekat Chasiv Yar dan Krasnoye.

Baca juga: Tak Kapok, Drone Ukraina Kembali Hancurkan Fasilitas Energi Rusia

Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip dari TASS mengklaim, unit-unit kelompok pertempuran Selatan telah sepenuhnya membebaskan pemukiman Bogdanovka di Republik Rakyat Donetsk.

Moskow juga melancarkan serangan api terhadap pasukan dan peralatan brigade mekanis ke-53 angkatan bersenjata Ukraina di dekat pemukiman Krasnogorovka di Donetsk.

"Selain itu, dua serangan balik oleh formasi brigade mekanis ke-93 angkatan bersenjata Ukraina di dekat pemukiman Chasiv Yar dan di sebelah barat pemukiman Krasnoye di Republik Rakyat Donetsk telah berhasil digagalkan,” kata kementerian tersebut, Senin (22/4/2024).

Kremlin mengklaim, di wilayah itu Presiden Volodymyr Zelensky kehilangan hingga 440 tentaranya.

Tiga mobil dan sistem pertahanan udara Osa-AKM, senjata D-20 152 mm, sistem peluncuran roket ganda Grad, dua stasiun peperangan elektronik Nota, serta lima depot amunisi lapangan juga diklaim telah dihancurkan.

Kelompok tempur Timur mengamankan garis yang lebih menguntungkan dan mengalahkan personel brigade angkatan bersenjata Ukraina dan pertahanan teritorial di Republik Rakyat Donetsk, kata kementerian itu, seraya menambahkan bahwa musuh kehilangan hingga 100 tentara di zona tanggung jawab kelompok tersebut.

"Unit kelompok pertempuran Timur mengamankan garis yang lebih menguntungkan dan mengalahkan personel dan peralatan dari brigade infanteri ke-58 angkatan bersenjata Ukraina dan brigade pertahanan teritorial ke-128 di pemukiman Staromayorskoe dan Urozhainoye di Republik Rakyat Donetsk. Angkatan bersenjata Ukraina kalah hingga 100 tentara, dua kendaraan tempur lapis baja, lima mobil, sebuah howitzer 155mm FH-70 buatan Inggris, sebuah howitzer D-20 122mm dan dua stasiun peperangan elektronik Nota,” kata laporan itu.

Baca juga: Rusia Tegaskan Iran Tak Punya Senjata Nuklir, Sebut Desas-desus Barat hingga Pengalihan Isu Gaza

Angkatan bersenjata Rusia memusnahkan sebuah pesawat tempur MiG-29 Ukraina di lapangan terbang dan sistem pertahanan udara Dnipr, serta menghancurkan pabrik drone, selama 24 jam terakhir, menurut laporan kementerian.

“Dalam waktu 24 jam, sebuah pesawat perang MiG-29 Ukraina dilenyapkan di lapangan terbang Dnepr, begitu juga dengan pos komando, radar pengawasan dan sistem rudal permukaan-ke-udara S-300PS. Selain itu, pabrik produksi drone dan pengawasan Pelikan radar hancur," kata laporan itu. Apalagi pasukan dan perlengkapan angkatan bersenjata Ukraina dihancurkan di 109 wilayah.

Unit-unit kelompok tempur Barat telah mengamankan garis yang lebih menguntungkan dan mengalahkan pasukan dan peralatan angkatan bersenjata Ukraina di dekat Novoyegorovka dan Novosyolovskoe Republik Rakyat Lugansk (LPR), serta Olivovsky Yar, kata kementerian itu.

"Unit-unit kelompok pertempuran Barat mengamankan garis yang lebih menguntungkan dan mengalahkan pasukan serta peralatan dari brigade mekanik ke-14, pemburu ke-68, brigade infanteri ke-57 dari angkatan bersenjata Ukraina dan brigade pertahanan teritorial ke-110 di dekat pemukiman Novoyegorovka dan Novosyolovskoe di Republik Rakyat Lugansk, serta Olivovsky Yar," menurut laporan itu.

Pasukan Rusia menggempur tentara Ukraina dengan artileri Akatsya.
Pasukan Rusia menggempur tentara Ukraina dengan artileri Akatsya. (Sputnik)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat