androidvodic.com

Iran Bersiap Terima Pengiriman Jet Tempur Su-35 dari Rusia ke Isfahan yang Jadi Target Israel - News

Iran Bersiap Terima Pengiriman 12 Jet Tempur Su-35 dari Rusia ke Isfahan yang Jadi Target Israel

News - Angkatan Bersenjata Iran dilaporkan tengah bersiap menerima pengiriman jet tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia ke pangkalan udara Isfahan, Iran Tengah.

Isfahan diketahui menjadi sasaran serangan Israel pada Kamis-Jumat malam.

Laporan tersebut dilansir media Israel, Times of Israel merujuk pada informasi dari narasumber yang mereka dapatkan namun belum terkonfirmasi dari pihak terkait.

Baca juga: Situs Radar Nuklir Disebut Kena Rudal Israel, Menlu Iran: Balasan Kami Berikutnya di Level Maksimum

Diketahui, seminggu setelah Iran menembakkan rentetan besar drone dan rudal ke arah Israel sebagai balasan atas serangan udara Israel terhadap sebuah gedung dekat konsulat Teheran di Damaskus pada 1 April, outlet media Qatar, Al-Arabi Al-Jadid melaporkan kalau Rusia bermaksud untuk mengirimkan 12 jet tempur “segera” ke Teheran.

"Belum ada konfirmasi resmi mengenai laporan tersebut," tulis laporan tersebut.

Sejumlah laporan menyebut, transfer senjata Rusia ke Iran ini adalah bagian dari kesepakatan lama yang baru diselesaikan saat ini.

Baca juga: Israel Mau Serang Balik Iran, Rusia Turun Tangan Bekali Teheran Arhanud Canggih dan Jet Sukhoi-35

Persenjataan ini diyakini membuat pertahanan Iran akan meningkat mengingat saat ini Teheran hanya mengandalkan peralatan tua.

Iran memiliki sebagian besar jet tempur MiG dan Sukhoi Rusia yang berasal dari era Soviet, serta beberapa pesawat Tiongkok, termasuk F-7.

Beberapa jet tempur F-4 dan F-5 Amerika yang dibuat sebelum Revolusi Islam 1979 juga merupakan bagian dari armadanya.

Pesawat tempur Rusia SU-35 Dilengkapi dengan rudal Kinzhal
Pesawat tempur Rusia SU-35 Dilengkapi dengan rudal Kinzhal (Russia Defense Military/TASS)

Israel Serang Pakai Rudal Jarak Jauh

Kabar pengiriman segera jet tempur canggih Rusia ke Iran ini muncul setelah kabar kalau sebenarnya Israel mengenai sasaran di Iran dalam serangan balik mereka ke Iran, Jumat kemarin.

Sejumlah media Israel mengabarkan, dugaan serangan balik Tentara Israel (IDF) ke wilayah teritorial Iran pada Kamis-Jumat kemarin, rupanya dilakukan dengan peluncuran rudal jarak jauh.

Surat kabar Jerusalem Post mengungkapkan kalau rudal jarak jauh itu diluncurkan dari pesawat tempur Israel, diduga kuat F-35 yang mengenai sasaran Iran di Isfahan saat fajar pada Jumat (19/4/2024).

“Pesawat jarak jauh meluncurkan rudal yang menghantam aset Angkatan Udara Iran di Isfahan, Iran tengah, Jumat pagi,” tulis laporan tersebut.

Baca juga: Eks-KSAU Israel: Iran Superpower Soal Rudal dan Drone Tapi Lembek Soal Pertahanan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat