androidvodic.com

Iran Luncurkan Senjata Baru, Bavar-373, Diklaim Mampu Hancurkan Jet Siluman Amerika - News

News - Iran baru saja memperkenalkan versi baru yang disempurnakan dari Sistem Pertahanan Udara Jarak Jauh, Bavar-373.

Iran meluncurkan versi terbaru dari Bavar-373 selama parade militer 17 April 2024 kemarin.

Bavar-373 diklaim para pejabat Iran mampu mencegat jet tempur siluman Amerika.

Sistem Pertahanan Udara Jarak Jauh, Bavar-373 diproduksi di dalam negeri.

Senjata ini pertama kali digunakan oleh Angkatan Bersenjata Iran pada tahun 2019.

Kemampuannya telah dibandingkan dengan Sistem Rudal Permukaan-ke-udara Seluler S-300 Rusia dan Sistem Patriot buatan AS, Newsweek melaporkan.

Menggambarkan peningkatan kehadiran Bavar-373 dalam parade minggu lalu, outlet berita militer Special Operations Forces Report (SOFREP) memuji “perkembangan signifikan bagi industri pertahanan Iran.

SOFREP mencatat bahwa para pejabat Iran telah membuat “klaim berani” tentang Bavar-373 baru, termasuk bahwa sistem tersebut sekarang “menyamai atau bahkan melampaui” kemampuan sistem rudal S-400 canggih Rusia.

Namun, mungkin klaim Iran yang paling signifikan adalah bahwa Bavar-373 versi baru dapat mencegat pesawat tempur generasi kelima seperti jet F-35 Lightning milik Lockheed Martin, yang dilengkapi dengan teknologi siluman yang dirancang untuk menghindari deteksi radar.

“Selain itu, sumber-sumber Iran melaporkan bahwa Bavar-373 yang ditingkatkan menawarkan peningkatan kemampuan deteksi dan pelacakan target, memungkinkannya mengidentifikasi hingga 100 target udara secara bersamaan dan menghadapi berbagai ancaman dengan persenjataan rudal Sayyad-4B,” tulis SOFREP.

Newsweek menghubungi Kementerian Luar Negeri Iran melalui e-mail pada hari Senin (22/4/2024) untuk memberikan komentar.

Baca juga: 11 Fakta Serangan Israel ke Iran, Teheran Malas Membalas, Dampak hingga Reaksi Internasional

Situs militer mencantumkan kemampuan Bavar-373 versi baru memiliki jangkauan “mengesankan” yang melebihi 186 mil dan jangkauan ketinggian 75 mil.

SOFREP menambahkan bahwa klaim Iran tentang Bavar-373 belum diverifikasi secara independen dan bahwa “pengujian di dunia nyata” diperlukan sebelum benar-benar mengevaluasi kemampuannya.

“Meskipun perlu interpretasi yang hati-hati, peluncuran upgrade Bavar-373 menggarisbawahi poin penting: sektor pertahanan Iran terbukti semakin matang ,” kata SOFREP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat