androidvodic.com

Iran ke Uni Eropa, Minta Tanggung Jawab Uni Eropa untuk Menjatuhkan Sanksi kepada Israel - News

Iran ke Uni Eropa, Minta Tanggung Jawab Uni Eropa untuk Menjatuhkan Sanksi kepada Israel

News- Iran ke Uni Eropa dituntut untuk bertanggung jawab, dan memberikan sanksi kepada Israel.

Tuntutan menteri luar negeri Iran muncul setelah Uni Eropa memutuskan untuk memperketat sanksi terhadap Iran atas serangan balasannya terhadap Israel.

Iran telah meminta Uni Eropa untuk menunjukkan tanggung jawab dan menjatuhkan sanksi terhadap Israel pada tanggal 23 April menyusul blok multinasional Eropa yang memperketat sanksi terhadap Iran.

“Sangat disesalkan melihat Uni Eropa dengan cepat memutuskan untuk menerapkan pembatasan yang lebih melanggar hukum terhadap Iran hanya karena Iran menggunakan haknya untuk membela diri dalam menghadapi agresi sembrono Israel,” kata Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian melalui media sosial.

Menteri luar negeri Iran melanjutkan dengan mengatakan, “Uni Eropa tidak boleh mengikuti saran Washington untuk memuaskan rezim kriminal Israel".

"Patut disesalkan juga bahwa sementara rezim Israel terus melakukan genosida terhadap warga Palestina melalui berbagai kejahatan perang, serangan rudal, dan kelaparan, reaksi Uni Eropa terhadap kejahatan tersebut tidak lebih dari sekedar kata-kata kosong. UE harus bertindak secara bertanggung jawab dan memberikan sanksi kepada rezim Israel.”

Komentar Amir-Abdollahian muncul setelah Uni Eropa memutuskan untuk memperketat sanksi terhadap Iran untuk mencegah ekspor suku cadang buatan Uni Eropa yang digunakan dalam drone dan rudal balistik sebagai pembalasan atas serangan Iran terhadap Israel.

Pada 13 April, Iran menembakkan sekitar 300 rudal dan drone ke Israel sebagai pembalasan atas pemboman konsulatnya di Damaskus oleh Israel, melewati sistem pertahanan rudal Israel dan merusak pangkalan udara dan pusat pengumpulan intelijen.

Serangan terhadap Israel juga memungkinkan Iran mengumpulkan informasi penting tentang keberadaan peluncur sistem pertahanan di Israel.

Uni Eropa telah menjatuhkan sanksi terhadap Iran atas dukungannya terhadap Rusia.

Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis mencatat dalam pertemuan baru-baru ini antara menteri luar negeri dan menteri pertahanan Uni Eropa bahwa diskusi sanksi kebanyakan mengenai suku cadang untuk drone yang masih belum terkena sanksi dan rudal balistik.

Meskipun Teheran sebagian besar memproduksi perangkat keras militer dalam negeri, Iran masih membutuhkan bahan-bahan buatan luar negeri untuk program misilnya.

Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg mengatakan kepada wartawan di Luksemburg sebelum pertemuan Uni Eropa untuk menyetujui sanksi baru tersebut,

“Saya mendukung perluasan sanksi drone terhadap Iran secara faktual dan geografis, terkait pengiriman tidak hanya ke Rusia tetapi juga proksinya, dan termasuk rudal balistik.”

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat