androidvodic.com

Pejabat Israel Makin Was-was, ICC Terbitkan Surat Perintah Penangkapan Penjahat Perang - News

News - Para pejabat Israel Senin awal pekan ini 29 April 2024 semakin was-was terhadap kabar bahwa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap para pemimpin Israel atas tuduhan melakukan kejahatana perang di Gaza.

Saat ini tekanan internasional semakin meningkat atas kekejaman perang Israel dengan Hamas di Jalur Gaza.

Terbaru, serangan udara Israel di kota Rafah di Gaza selatan semalam hingga Senin menewaskan sedikitnya 22 orang, termasuk enam wanita dan lima anak-anak, salah satunya balita berusia 5 hari, berdasar keterangan rumah sakit dan reporter Associated Press.

ICC meluncurkan penyelidikan tiga tahun lalu terhadap kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel dan militan Palestina sejak perang Israel-Hamas pada tahun 2014, namun ICC tidak memberikan indikasi bahwa surat perintah tersebut akan segera dikeluarkan.

Tidak ada komentar dari pengadilan pada hari Senin.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pada Minggu malam bahwa mereka telah memberi tahu misi Israel tentang “rumor” bahwa surat perintah penangkapan mungkin akan dikeluarkan terhadap pejabat senior politik dan militer. Tidak jelas apa yang memicu kekhawatiran Israel.

“Kami mengharapkan pengadilan untuk mencegah dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadap pejabat senior Israel,” kata Menteri Luar Negeri Israel Katz, seraya menambahkan bahwa surat perintah tersebut akan “memberikan dorongan moral” kepada Hamas dan kelompok militan lainnya.

Serangkaian pengumuman Israel dalam beberapa hari terakhir tentang mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza tampaknya bertujuan untuk mencegah kemungkinan tindakan ICC.

Baca juga: Hamas Masih Lanjutkan Perlawanan, Tembakkan 20 Roket dari Lebanon ke Israel Utara

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Jumat bahwa Israel “tidak akan pernah menerima upaya apa pun yang dilakukan ICC untuk melemahkan hak membela diri.”

“Ancaman untuk menangkap tentara dan pejabat di satu-satunya negara demokrasi di Timur Tengah dan satu-satunya negara Yahudi di dunia sangatlah keterlaluan. Kami tidak akan tunduk padanya,” tulisnya di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Tidak jelas apa yang mendorong postingan tersebut.

Investigasi ICC mencakup tuduhan sejak perang tahun 2014 di Gaza serta pembangunan pemukiman Yahudi oleh Israel di wilayah pendudukan yang diinginkan Palestina untuk menjadi negara masa depan.

Baca juga: Lelah Berperang, Pasukan Terjun Payung Israel Membangkang, Tolak Perintah Invasi Darat ke Rafah

Jaksa ICC Karim Khan mengatakan dalam kunjungannya ke wilayah tersebut pada bulan Desember bahwa penyelidikan “bergerak maju dengan cepat, dengan ketelitian, dengan tekad dan dengan desakan bahwa kami bertindak bukan berdasarkan emosi tetapi berdasarkan bukti yang kuat.”

Baik Israel maupun sekutu dekatnya, Amerika Serikat, tidak menerima yurisdiksi ICC, namun surat perintah apa pun dapat membuat pejabat Israel berisiko ditangkap di negara lain. Pernyataan tersebut juga akan menjadi teguran keras atas tindakan Israel pada saat protes pro-Palestina menyebar di kampus-kampus AS.

Mahkamah Internasional, sebuah badan terpisah, sedang menyelidiki apakah Israel telah melakukan tindakan genosida dalam perang yang sedang berlangsung di Gaza, dan keputusan apa pun diperkirakan akan memakan waktu bertahun-tahun. Israel menolak tuduhan melakukan kesalahan dan menuduh kedua pengadilan internasional bias.

Baca juga: Israel Hadapi Dilema, Invasi Darat ke Rafah Bisa Bunuh Semua Tahanan di Tangan Hamas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat