androidvodic.com

Israel Hadapi Dilema, Invasi Darat ke Rafah Bisa Bunuh Semua Tahanan di Tangan Hamas - News

News - Israel kini menghadapi dilema, terutama bagi pasukan pendudukan Israel di Gaza (IOF). Di satu sisi mereka diinstruksikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu agar segera menggelar invasi darat di Kota Rafah.

Namun di sisi lain, jika upaya itu dilakukan akan berisiko ikut tewasnya 100an lebih tahanan warga Israel yang kini berada di tangan pejuang Hamas.

Israel Ziv, seorang mantan jenderal di pasukan Israel memperingatkan, invasi darat ke Rafah berisiko membunuh semua tawanan Israel di sana.

Dia juga mengingatkan, invasi ke Rafah akan menjadi kesalahan strategis pemerintah Israel.

Tawanan Israel kemungkinan besar tidak akan selamat jika pasukan pendudukan Israel (IOF) menyerbu kota paling selatan Jalur Gaza, Rafah, kata Jenderal cadangan Israel Ziv kepada penyiar Israel Channel 12 .

“Waktu menjadi sangat penting bagi kehidupan para tahanan,” kata mantan komandan Direktorat Operasi militer Israel itu.

Ziv menekankan bahwa kemungkinan invasi ke Rafah tidak akan terjadi dalam waktu singkat dan akan “berlangsung selama berbulan-bulan,” yang berarti bahwa tawanan Israel yang ditahan oleh Perlawanan Palestina akan menghadapi keadaan yang lebih keras yang dikenakan pada mereka oleh militer mereka sendiri.

Setidaknya 70 tawanan Israel telah terbunuh karena kurangnya obat-obatan, makanan, dan air di Jalur Gaza atau karena serangan langsung terhadap posisi mereka oleh pasukan pendudukan Israel.

Sejumlah tawanan warga Israel yang masih hidup kini ditahan oleh Hamas di Rafah.

Baca juga: Lelah Berperang, Pasukan Terjun Payung Israel Membangkang, Tolak Perintah Invasi Darat ke Rafah

Serangan langsung dalam skala besar terhadap kota tersebut, seperti yang terjadi di Khan Younis, Jalur Gaza tengah, dan Gaza utara, mungkin akan memberikan hasil serupa: Tidak ada tawanan yang diambil dan puluhan orang terbunuh.

“Ini mungkin akan berakhir tanpa ada tahanan Israel yang masih hidup,” kata Ziv kepada Channel 12 .

Baca juga: Netanyahu Pusing, Joe Biden Tak Setuju Israel Invasi Rafah, Minta Bantuan Kemanusiaan Ditingkatkan

Dalam konteks ini, jenderal cadangan tersebut mengulangi seruannya untuk mengadakan kesepakatan pertukaran tahanan dengan Perlawanan Palestina, dan mengatakan bahwa mengambil keputusan tersebut merupakan “panggilan yang sah.”

Ziv juga menekankan bahwa pemerintah Israel melakukan "kesalahan strategis", yang menggarisbawahi dampak negatif dari invasi Rafah.

Sumber: Al Mayadeen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat