androidvodic.com

Norwegia Bakal Resmi Akui Negara Palestina pada Mei-Juni, Israel Harus Terima Solusi Dua Negara - News

Norwegia Bakal Resmi Akui Negara Palestina pada Mei-Juni, Israel Harus Terima Solusi Dua Negara

News - Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengungkapkan kalau negaranya kemungkinan akan mengumumkan pengakuan mereka atas Negara Palestina pada musim semi ini, Mei-Juni mendatang.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi lokal, Menteri Luar Negeri Norwegia ditanya tentang kapan Norwegia akan mengakui Negara Palestina.

Dia menjelaskan kalau Pemerintah Norwegia sedang menangani masalah ini dengan bekerja sama “dengan negara lain.”

Baca juga: Skotlandia Putuskan Hubungan dengan Militer Israel, Bandara Terlarang Buat Pesawat Tempur IDF

"Jika masyarakat ingin mencapai prinsip solusi dua negara untuk dua bangsa, jelas bahwa hal ini memerlukan keberadaan dua negara. Yang satu disebut Palestina dan yang lainnya adalah Israel," katanya menekankan kalau kedua pihak, khususnya Israel, harus menerima konsep dua negara yang berdampingan.

Sang Menteri menambahkan: "Prinsip ini tidak mungkin tercapai tanpa negosiasi bersama di antara mereka."

Spanyol Juga Mau Akui Negara Palestina

Sebagai informasi, pada pertengahan April ini, Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Storhe mengonfirmasi dalam konferensi pers dengan Perdana Menteri Spanyol kalau Oslo siap untuk secara resmi mengakui Negara Palestina bersamaan dengan pengkuan yang sama dari Madrid.

Sebelumnya juga, Kementerian Luar Negeri Norwegia menyatakan dalam pernyataan pers, meminta negara-negara yang menangguhkan kontribusi mereka kepada UNRWA untuk melanjutkan pendanaan di tengah laporan pembekuan kontribusi mereka yang dikeluarkan oleh komite PBB yang menyelidiki kegiatan badan tersebut.

Ia juga menekankan bahwa Norwegia berkomitmen terhadap UNRWA dan kehadiran badan ini sangat penting bagi upaya organisasi kemanusiaan lainnya di Gaza.

Baca juga: Israel Akui Gagal Bunuh UNWRA, Cemas AS-Inggris Ikuti Jerman Cairkan Duit Rp 19 T Kebutuhan Gaza

Jamaika Sudah Duluan Akui Palestina

Pengakuan terhadap Negara Palestina dari komunitas negara internasional sudah lebih dulu dilakukan Pemerintah Jamaika.

Mereka mengumumkan pengakuan terhadap Negara Palestina, sebagaimana dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Luar Negeri, Kamina Smith, Rabu (24/4/2024).

Pengakuan Jamaika terhadap negara Palestina ini menyusul pengakuan serupa dari Barbados Sabtu (20/4/2024) kemarin.

Baca juga: Hari Ke-195 Perang Gaza: Pemukiman Ashkelon Israel Hujan Mortir, Veto AS Pupus Negara Palestina

Atas pengakuan terhadap Negara Palestina ini, Barnados tercatat menjadi negara anggota ke-11 dari Komunitas Karibia atau CARICOM yang memberikan pengakuan semacam itu.

Soal pengakuan resmi dari Jamaika atas negara Palestina, laporan televisi pemerintah negara tersebut, mengutip Smith, melaporkan kalau pengakuan terhadap Palestina diambil setelah musyawarah di kabinet negara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat