androidvodic.com

Netanyahu Cemas & Ketakutan ICC Keluarkan Surat Penangkapan, AS Lakukan Upaya Diplomatik Cegah ICC - News

Netanyahu Cemas & Ketakutan ICC Keluarkan Surat Penangkapan, AS Lakukan Upaya Diplomatik Cegah ICC

News- Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu ketakutan dan berupaya mencegah surat perintah penangkapan ICC sebuah laporan menyebutkan.

Seorang analis Israel mengatakan bahwa AS terlibat dalam upaya Israel untuk menghalangi ICC mengeluarkan surat perintah terhadap perdana menteri.

AS terlibat dalam upaya diplomatik untuk mencegah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, menurut laporan media Ibrani.

Analis Haaretz , Amos Harel, mengatakan pada tanggal 28 April bahwa Washington “sudah” terlibat dalam upaya untuk memblokir surat perintah ICC terhadap Netanyahu.

Perdana menteri dilaporkan sangat cemas atas masalah ini.

Jurnalis Israel Ben Caspit menulis bahwa Netanyahu berada di bawah tekanan yang tidak biasa atas kemungkinan dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadapnya oleh pengadilan PBB di Den Haag, dan menambahkan bahwa ia memimpin “dorongan tanpa henti melalui telepon” untuk mencegah hal tersebut.

Baik Washington maupun Tel Aviv tidak termasuk di antara 124 negara bagian yang menandatangani Statuta Roma ICC tahun 1998, yang menetapkan genosida sebagai salah satu dari empat kejahatan besar internasional, bersama dengan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan kejahatan agresi.

Surat kabar berbahasa Ibrani, surat kabar Maariv, juga melaporkan bahwa Netanyahu takut akan kemungkinan surat perintah ICC terhadapnya.

Sumber yang dekat dengan masalah tersebut mengatakan kepada surat kabar tersebut bahwa Netanyahu telah melakukan banyak panggilan telepon kepada para pemimpin dan pejabat internasional, khususnya Presiden AS Joe Biden, dalam upaya untuk mencegah dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadapnya dan bahwa perdana menteri Israel adalah orang yang bertanggung jawab. secara tidak langsung mencoba menekan Biden untuk bertindak melawan ICC.

“Netanyahu menyadari bahwa surat perintah penangkapan internasional dapat membuatnya menjadi sasaran penuntutan dan penahanan, jadi dia berusaha untuk menggagalkan penerbitannya setiap hari,” kata sumber tersebut.

Sumber tersebut juga tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa perubahan posisi Israel baru-baru ini mengenai pertukaran tahanan dan kesepakatan gencatan senjata, yang kini tampaknya mendukung kesepakatan, adalah bagian dari upaya untuk menghindari perintah ICC.

ICC juga dapat mengeluarkan surat perintah kepada Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant dan Kepala Staf Angkatan Darat Israel Herzi Halevi, menurut laporan itu.

“Kami tidak akan pernah berhenti membela diri. Meskipun keputusan pengadilan di Den Haag tidak akan mempengaruhi tindakan Israel, keputusan tersebut akan menjadi preseden berbahaya yang mengancam tentara dan pejabat negara demokrasi mana pun yang memerangi terorisme dan agresi kriminal,” kata Netanyahu pada 26 April.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat