androidvodic.com

Netanyahu Stres, Tegang akan Ditangkap Mahkamah Kriminal Internasional, Berharap Bantuan dari AS - News

Netanyahu Stress, Tegang akan Ditangkap oleh oleh Mahkamah Internasional, Berharap Bantuan dari AS

News- Perdana Menteri merasakan stress dan luar biasa tegang setelah ada kabar dia akan ditangkap oleh oleh Mahkamah Kriminal Internasional (ICC).

Israel dihebohkan dengan berita bahwa Netanyahu akan ditangkap oleh ICC, Perdana Menteri Netanyahu pun dilaporkan merasa "luar biasa tegang".

Media Israel dihebohkan dengan berita bahwa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mungkin akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Reuters mengatakan bahwa Perdana Menteri Netanyahu mengumumkan pada 27 April bahwa keputusan apa pun oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) tidak akan mempengaruhi tindakan Israel tetapi akan menimbulkan preseden berbahaya.

ICC sedang menyelidiki serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 dan serangan militer Israel yang membabi buta di Gaza.

“Di bawah kepemimpinan saya, Israel tidak akan pernah menerima upaya apa pun yang dilakukan ICC di Den Haag untuk melemahkan hak dasar Tel Aviv untuk membela diri,” Netanyahu memperingatkan dalam sebuah pernyataan di Telegram.

“Meskipun keputusan pengadilan di Den Haag tidak akan mempengaruhi tindakan Israel, keputusan tersebut akan menjadi preseden berbahaya yang mengancam tentara dan masyarakat.”

Salah satu kantor berita televisi terkemuka Israel, Channel 12, pekan lalu melaporkan bahwa Israel semakin khawatir dengan kemungkinan ICC akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan pejabat tinggi Israel lainnya atas dugaan pelanggaran hukum internasional di Gaza.

Baca juga: Derita Warga Gaza gara-gara Serangan dan Pengepungan Israel: Minum Air yang Tidak Bersih

Laporan itu mengatakan Kantor Perdana Menteri Israel mengadakan diskusi mendesak mengenai masalah ini.

Seorang juru bicara pemerintah tidak segera menanggapi pertanyaan tentang laporan Channel 12.

Menurut media Israel, para pejabat Israel telah berusaha menarik dukungan dari sekutu Barat mengenai masalah terkait penyelidikan ICC.

Risiko dikeluarkannya surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu pertama kali dikemukakan dalam komentar analis Douglas Murray di New York Post.

Mr Murray menilai dalam waktu dekat, perintah mungkin akan dikeluarkan. Perintah tersebut tidak akan langsung membuat Netanyahu diadili, namun akan menjadi pukulan bagi perdana menteri dan memberi tekanan pada sekutu Israel dan anggota ICC untuk bertindak.

Baca juga: Populer Internasional: Ukraina Minta Dikirimkan Rudal Patriot - Hamas Rilis Video 2 Sandera Israel


Israel Berharap Pertolongan dari AS

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat