androidvodic.com

Banjir Brasil Selatan: Korban Tewas Jadi 75 Orang, 103 Lainnya Hilang, dan 88.000 Warga Mengungsi - News

News - Terhitung dalam tujuh hari terakhir, banjir bandang di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan telah menewaskan sebanyak 75 orang.

Pihak berwenang setempat menuturkan ada 103 laporan orang hilang akibat banjir tersebut.

Banjir juga menyebabkan kehancuran di seluruh wilayah.

"Secara keseluruhan, hampir 800.000 orang di negara bagian Rio Grande do Sul terdampak banjir, dengan lebih dari 88.000 orang kehilangan tempat tinggal," ungkap Otoritas Pertahanan Sipil Rio Grande do Sul, Minggu (5/5/2024).

Sekitar 16.000 orang mengungsi di sekolah, gimnasium, dan tempat penampungan sementara lainnya.

Ratusan penduduk juga terpaksa bertahan di situasi menyedihkan tanpa aliran listrik, menurut informasi terkini dari otoritas sipil pada Sabtu (4/5/2024) sore, Fox Weather melaporkan.

“Saya ulangi dan tegaskan: kehancuran yang kita alami belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Gubernur negara bagian Eduardo Leite pada Minggu (5/5/2024) pagi.

Hujan deras dan lebat telah melanda wilayah Rio Grande do Sul selama seminggu penuh.

Kota Bento Goncalves mencatat curah hujan lebih dari 21 inci selama badai, sementara beberapa alat pengukur lain di daerah tersebut melaporkan curah hujan lebih dari 19 inci.

Leite sebelumnya mengatakan bahwa negara bagian memerlukan “semacam 'Rencana Marshall' untuk dibangun kembali”.

Lula da Silva kunjungi warga terdampak banjir

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Brasil, 29 Orang Tewas, 60 Hilang, Ribuan Lainnya Mengungsi

Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva mengunjungi Rio Grande do Sul untuk kedua kalinya pada Minggu (5/5/2024).

Pada kesempatan itu, ia didampingi oleh Menteri Pertahanan Jose Mucio, Menteri Keuangan Fernando Haddad, dan Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva.

Pemimpin dan timnya mengamati jalan-jalan ibu kota negara bagian, Porto Alegre yang banjir, dari helikopter, Al Jazeera melaporkan.

“Kita harus berhenti ketinggalan bencana. Kita perlu melihat terlebih dahulu bencana apa yang mungkin terjadi dan kita perlu berupaya,” kata Presiden Lula kepada wartawan.

Paus Fransiskus mendukung langkah perdamaian atas konflik Israel-Hamas.
Paus Fransiskus mendukung langkah perdamaian atas konflik Israel-Hamas. Pada misa hari Minggu (5/5/2024) di Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan membawa bencana banjir bandang di Brasil dalam rangkaian doanya.(Vatican News)

Paus Fransiskus doakan Brasil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat