androidvodic.com

Brasil Dilanda Banjir, Bandara hingga Stadion Berubah Bak Kolam Lumpur, 155.000 Orang Diungsikan - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, BRASILIA – Hujan lebat yang mengguyur Brasil sejak akhir pekan kemarin telah membuat sebagian besar negara bagian Rio Grande do Sul itu dilanda banjir bandang pada Rabu (8/5/2024).

Dari unggahan foto-foto yang beredar di sosial media, terlihat pemandangan landasan pacu bandara di Porto Alegre, Rio Grande do Sul, Brasil berubah menjadi kolam lumpur. Tak hanya itu imbas banjir yang menghantam kawasan tersebut sebuah pesawat kargo yang terparkir di bandara ikut terendam dan terombang-ambing arus air.

Dalam foto lainnya tampak lapangan pada Stadion Markas klub sepakbola Gremio di Porto Alegre berubah menjadi seperti sebuah kolam setelah hujan lebat melanda bagian selatan Brasil.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Melanda 4 Belahan Bumi yang Berbeda: Banjir di Brasil, Gelombang Panas di Vietnam

Ibu kota negara bagian Porto Alegre bahkan hampir terputus akibat banjir, hingga membuat aktivitas lalu lintas di bandara dan terminal bus ditutup serta jalan-jalan utama diblokir.

”Porto Alegre telah hancur, menyebabkan hampir seluruh kota tanpa pasokan air, listrik, dan makanan,” tulis surat kabar lokal O Globo.

Belum diketahui kapan banjir akan surut, namun Institut Meteorologi Nasional Brasil memperkirakan hujan akan kembali turun pada Rabu malam dengan intensitas melampaui 150 mm.

Imbas bencana ini sebanyak 155.000 penduduk kehilangan tempat tinggal dan harus diungsikan ke kawasan yang lebih aman.

Sementara itu Badan Pertahanan Sipil negara bagian tersebut mengatakan jumlah korban tewas telah meningkat menjadi 90 orang dan empat kematian lainnya sedang diselidiki. Adapun 131 orang masih berstatus hilang dan belum ditemukan keberadaannya.

Untuk mengantisipasi bertambahnya korban jiwa, Gubernur Rio Grande do Sul Eduardo Leite menerbitkan peringatan banjir di Porto Alegre dan sejumlah kota yang terletak di dekat Lagoa dos Patos, sebuah laguna luas yang berpotensi meluap karena curah hujan.

Selain itu sejumlah alat berat juga mulai dikerahkan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di Eldorado do Sul, di Rio Grande do Sul Brasil,

"Anda akan terdampak kenaikan permukaan air. Tolong percaya dengan peringatan ini dan bantu kami menyelamatkan penduduk," kata Leite dalam pesan video.

"Mari kurangi kerusakan sehingga kita bisa membangun kembali bersama-sama,” imbuhnya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat