androidvodic.com

Rampas Koridor Philadelphi: Israel Langgar Perjanjian Damai dengan Mesir, Memutus Gaza dari Dunia - News

Rampas Koridor Philadelphi: Israel Langgar Perjanjian Damai dengan Mesir, Kepung Penuh Gaza

News - Tindakan Israel untuk merebut penyeberangan Rafah telah menimbulkan kekhawatiran atas nasib Koridor Philadelphi, zona penyangga demiliterisasi yang membentang di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir.

Koridor ini dianggap sebagai rute penting yang strategis dalam hal kendali Israel atas pergerakan orang dan barang lintas batas.

Baca juga: Perang Ketuk Pintu Mesir, Israel Cari Hal: Apa Itu Koridor Philadelphia yang Mau Dikuasai Tel Aviv?

Pada hari Selasa (7/5/2024), untuk pertama kalinya sejak tahun 2005, pasukan Israel bergerak ke sisi timur koridor.

Militer Israel mengeluarkan video yang menunjukkan tank-tank melaju melewati pos pemeriksaan Rafah dan maju melalui koridor, sementara tentara IDF merobohkan bendera Palestina untuk menggantinya dengan bendera Israel.

Para ahli mengatakan hal ini merupakan pelanggaran terhadap perjanjian perdamaian tahun 1979 antara Israel dan Mesir, yang Tel Aviv rela lakukan sebagai bagian dari tujuannya untuk menerapkan “pengepungan penuh” terhadap Gaza.

Perjanjian tersebut mengikuti Perjanjian Camp David yang ditandatangani oleh Presiden Mesir Anwar Sadat dan Perdana Menteri Israel Menachem Begin pada tahun 1978.

Kesepakatan damai ini mengakhiri pendudukan Israel di Semenanjung Sinai dan membuka kembali Terusan Suez, serta menetapkan koridor sepanjang 14 kilometer (8,69 mil) sebagai zona penyangga yang dikendalikan dan dipatroli oleh pasukan Israel.

Setelah Israel menarik diri dari Gaza, kendali atas pihak Palestina jatuh ke tangan Otoritas Palestina, diikuti oleh Hamas, ketika Hamas berkuasa di wilayah tersebut pada tahun 2007.

“Jika Israel atau Mesir mengirim pasukan melintasi perbatasan yang diakui, itu merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap perjanjian tersebut. Dengan mengambil alih perbatasan Rafah, Israel secara efektif melanggar ketentuan perjanjian,” ujar Djaouida Siaci, seorang pengacara internasional yang berspesialisasi dalam perselisihan lintas batas dan investigasi kriminal, dilansir Anadolu.

Mengapa Israel menginginkan koridor tersebut? Sejak Oktober lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah beberapa kali menegaskan bahwa ia ingin Israel mengambil kembali kendali atas Koridor Philadelphi, sebuah langkah yang akan memisahkan Gaza dari Mesir.

Baca juga: Mesir Marah Poros Philadelphia Dibom Israel, Tolak Kerahkan Pasukan Gabungan di Perbatasan Gaza

Dia mengklaim bahwa Israel tidak akan mampu mengalahkan Hamas di Gaza tanpa mengambil alih koridor tersebut.

Tujuan bersejarah dari koridor ini adalah untuk menghentikan pergerakan orang dan material dari Mesir ke Gaza, dimana Israel telah memberlakukan blokade darat, laut dan udara yang melumpuhkan selama beberapa dekade.

“Israel memandang koridor tersebut penting karena dapat digunakan sebagai zona penyangga untuk membatasi penyelundupan,” kata Siaci, seraya menambahkan bahwa mereka telah berulang kali mengancam akan mengambil alih koridor tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat