androidvodic.com

290 Masjid Hancur dan 360.000 Bangunan di Gaza Rusak Akibat Serangan Israel - News

News, GAZA -  Agresi militer Israel ke Gaza, Palestina, sejak 7 Oktober 2023 lalu telah mengakibatkan jatuhnya puluhan ribu korban jiwa rakyat Palestina.

Tak hanya itu bangunan baik rumah penduduk, gedung pemerintah hingga tempat ibadah juga ikut hancur dibom Israel.

Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia Barat (ESCWA) pada Rabu (8/5/2024), mengatakan bahwa 360.000 bangunan di Jalur Gaza sebagian rusak atau hancur selama agresi Israel di Jalur Gaza.

ESCWA menerbitkan laporan yang mengumpulkan data dari berbagai institusi dan organisasi mengenai kerusakan fisik akibat serangan Israel di Jalur Gaza terhadap bangunan dan infrastruktur.

Laporan tersebut mencakup data dari periode berbeda yang disediakan oleh Biro Pusat Statistik Palestina (PCBS), Pusat Satelit PBB (UNOSAT) dan Pusat Pascasarjana Universitas Kota New York (CUNY) dan Universitas Negeri Oregon.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa dua persen penduduk di Jalur Gaza terbunuh, 4 persen terluka dan hampir seluruh penduduk mengungsi.

"Kerusakan yang disebabkan oleh serangan yang berlangsung sejak 7 Oktober 2023 di Jalur Gaza ini belum pernah terjadi sebelumnya," ungkap laporan tersebut dikutip dari Anadolu.

Baca juga: AS, Negara yang Klaim Paling Demokratis di Dunia Tapi Pengunjuk Rasa Pro-Palestina Ditangkap Paksa

Biro Pusat Statistik Palestina

Berdasarkan data PCBS pada 28 April 2024, infrastruktur di Jalur Gaza mengalami kerusakan cukup parah.

Lebih dari 50 persen bangunan hancur dan 360.000 bangunan di Gaza rusak sebagian atau hancur.

Sebanyak 25.000 bangunan lainnya di wilayah itu mengalami kerusakan parah atau hancur dan 305 sekolah atau universitas hancur.

Data yang ada menunjukkan adanya kerusakan signifikan pada fasilitas pelayanan kesehatan, 32 rumah sakit tidak dapat beroperasi, 25 rumah sakit rusak akibat serangan rudal dan 649 fasilitas pelayanan kesehatan terkena dampaknya.

Tiga gereja dan 290 masjid hancur, sedangkan 168 bangunan umum rusak.

Sektor pertanian, yang memainkan peran penting dalam Produk Domestik Bruto (PDB) Jalur Gaza, berkontribusi sekitar 11 persen terhadap PDB pada 2022 dan memberikan peluang kerja yang signifikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat