androidvodic.com

Puluhan Ribu Warga Palestina Tinggalkan Rafah, Timbul Kemacetan karena Evakuasi yang Membingungkan - News

News - Puluhan ribu warga Palestina yang terlantar dan kelelahan telah mengemas tenda mereka dan barang-barang lainnya dari Rafah.

Kota paling selatan Gaza yang padat penduduk ini dilanda kepanikan dan kekacauan akibat perebutan perbatasan Israel dengan Mesir dan kemungkinan invasi besar-besaran ke Rafah.

Rumah sakit utama di Rafah telah ditutup, sehingga menyisakan sedikit perawatan bagi orang-orang yang menderita kekurangan gizi, penyakit, dan luka.

Diberitakan AP News, keluarga-keluarga yang berkali-kali terpaksa mengungsi akibat perang tidak yakin harus pergi ke mana.

Selama tiga hari terakhir, arus orang yang berjalan kaki atau menggunakan kendaraan telah memacetkan jalan keluar dari Rafah.

Hal ini karena proses evakuasi yang membingungkan, serta barang-barang mereka menumpuk tinggi di dalam mobil, truk, dan gerobak keledai.

Sementara itu, pemboman Israel terus meningkat dan menimbulkan asap.

“Perang telah menimpa kita bahkan di sekolah-sekolah."

"Tidak ada tempat yang aman sama sekali,” kata warga bernama Nuzhat Jarjer, Kamis (9/5/2024).

Keluarga Nuzhat berkumpul pada Rabu (8/5/2024), untuk meninggalkan sekolah PBB yang menjadi tempat penampungan di Rafah.

Baca juga: Israel Tak Serius Berunding, Hamas: Proposal Gencatan Senjata Jadi Dalih IDF Serang Rafah

Banyak Perempuan dan Anak-anak Tewas

Dilansir Al Jazeera, sebanyak 109 warga Palestina tewas dan 296 luka-luka dalam serangan Israel di Gaza antara hari Senin dan Rabu sore.

Menurut PBB, banyak perempuan dan anak-anak tewas dalam serangan terhadap rumah pemukiman di Rafah.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan di wilayah tersebut, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) mengatakan, beberapa serangan paling mematikan baru-baru ini terjadi di Rafah, termasuk:

1. Empat anak-anak dan dua wanita tewas termasuk di antara sembilan orang yang tewas ketika rumah mereka di kamp pengungsi Yebna – tenggara Rafah – menjadi sasaran pasukan Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat