androidvodic.com

Universitas Cambridge Lakukan Divestasi dari Perusahaan-perusahaan Pendukung Israel di Perang Gaza - News

Universitas Cambridge Lakukan Divestasi dari Perusahaan-perusahaan Pendukung Perang Israel di Gaza

News- Perguruan tinggi Universitas Cambridge melakukan divestasi dari semua investasi perusahaan senjata yang mendukung Israel.

Mereka memutuskan untuk mendivestasi dana mereka di perusahaan pembuat senjataan Israel, Elbit Systems.

Penarikan investasi dilakukan setelah ada desakan kepada manajemen kampus mengakhiri seluruh potensi keterlibatan mereka dalam perang di Gaza.

Trinity College Cambridge dilaporkan telah melakukan divestasi dari perusahaan senjata, termasuk Elbit Systems, yang memproduksi drone pembunuh milik Israel.

Perguruan tinggi anggota terkaya Universitas Cambridge, Trinity College Cambridge, telah memilih untuk melakukan divestasi dari semua perusahaan senjata, termasuk produsen senjata terkemuka Israel, Middle East Eye (MEE) melaporkan pada 12 Mei.

Tiga sumber informasi yang dekat dengan perkumpulan mahasiswa Trinity mengungkapkan kepada MEE bahwa dewan perguruan tinggi, yang bertanggung jawab atas keputusan keuangan dan keputusan lainnya yang signifikan, memutuskan untuk menarik investasi Trinity dari perusahaan senjata pada awal Maret.

MEE melaporkan pada bulan Februari bahwa Trinity telah menginvestasikan $78.089 di Elbit Systems, yang memproduksi 85 persen drone dan peralatan darat yang digunakan oleh tentara Israel.

Drone Israel telah digunakan untuk membunuh sejumlah besar warga sipil Palestina di Gaza sejak dimulainya perang pada bulan Oktober.

Trinity College tidak mengkonfirmasi atau menyangkal laporan tentang divestasi dari produsen senjata, hanya menyatakan bahwa “Trinity College terus meninjau investasinya secara teratur.”

Sumber yang berbicara dengan MEE mengatakan perguruan tinggi tersebut memutuskan untuk tidak mengumumkan secara terbuka keputusan divestasi tersebut setelah seorang aktivis merusak potret Lord Arthur Balfour tahun 1914 di perguruan tinggi tersebut pada tanggal 8 Maret, yang menimbulkan kontroversi di media Inggris.

Balfour menulis Deklarasi Balfour yang terkenal pada tahun 1917, yang menjadikan pembentukan negara Yahudi dan fasilitasi imigrasi Yahudi ke Palestina sebagai kebijakan resmi Inggris.

Universitas dan dana pensiun yang memutuskan hubungan dengan perusahaan pendukung militer Israel dan pemukiman ilegal di Tepi Barat seringkali tidak mengakui divestasi tersebut atau mengklaim alasan yang tidak terkait dengan hal tersebut untuk menghindari kritik publik dari kelompok lobi pro-Israel.

Trinity memiliki jutaan dolar yang diinvestasikan di perusahaan lain yang mendukung dan mengambil keuntungan dari perang Israel di Gaza namun perguruan tinggi tersebut belum berkomitmen untuk melakukan divestasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat