androidvodic.com

Warga Dunia Memperingati Hari Bencana 'Nakba' Ke-76, Mahasiswa di Fiipina Bakar Bendera Israel - News

Warga Dunia Memperingati Hari Bencana 'Nakba' Ke-76, Mahasiswa Fiipina Bakar Bendera Israel

News- Warga Palestina dan beberapa aktivis di belahan dunia lainnya memperingati Hari Nakba ke-76 saat setengah juta orang meninggalkan Rafah.

Para ahli telah menunjukkan kesamaan dalam pembersihan etnis akibat Nakba dan perang yang terjadi saat ini di Jalur Gaza.

Hampir setengah juta warga sipil Palestina telah meninggalkan kota Rafah di Gaza selatan pada tanggal 15 Mei karena ancaman invasi Israel terus membayangi.

Pengungsian paksa massal warga sipil terus berlanjut ketika warga Palestina memperingati 76 tahun Nakba 1948.

Nakba, yang dalam bahasa Arab berarti “bencana,” membuka jalan bagi pembentukan negara Israel ketika para tentara militer Zionis mengusir sekitar 750.000 warga Palestina dari rumah dan desa mereka.

Banyak di antara mereka yang mencari perlindungan di wilayah yang kemudian menjadi Jalur Gaza dan Tepi Barat serta berlindung di sekitar wilayah negara-negara Arab.

Milisi Zionis menyerang desa-desa Palestina dalam upaya pembentukan negara Yahudi, dan secara etnis membersihkan penduduk aslinya.

Hari Nakba terjadi ketika pertempuran berkecamuk antara perlawanan Palestina dan pasukan Israel.

PBB memperkirakan sekitar 450.000 warga Palestina telah terpaksa mengungsi dari Rafah sejak 6 Mei, dan hampir 100.000 dari Gaza utara.

Hanya dalam waktu seminggu, seperempat dari 2,4 juta penduduk Gaza telah kembali mengungsi.

Lebih dari 45.000 warga Palestina telah terbunuh akibat serangan kekerasan Israel terhadap Gaza.

Setidaknya 14.500 dari mereka yang tewas adalah anak-anak.

Protes dan aksi memperingati tragedi Nakba bermunculan di seluruh dunia sebagai bentuk solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat