androidvodic.com

Israel Bantah Terlibat Jatuhnya Pesawat Presiden Iran, Khawatir Muncul Propaganda Sabotase - News

Israel tegas menyatakan tidak terlibat dalam jatuhnya pesawat Presiden Iran Ebrahim Raisi dan malah mengkhawatirkan isu propaganda di balik kejadian itu.

News, ISRAEL - Pemerintah Israel memantau dengan cermat laporan  mengenai kecelakaan helikopter yang mengangkut Presiden  Iran Ebrahim Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amir-Abdollahian, Minggu (19/5/2024).

Tim penyelamat berhasil menemukan puing-puing helikopter yang jatuh di provinsi Azerbaijan Timur Iran.

Namun harapan memudar bahwa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya  selamat dari kecelakaan helikopter itu.

"Helikopter Presiden Raisi terbakar habis dalam kecelakaan itu. Sayangnya, semua penumpang dikhawatirkan tewas," kata pejabat itu kepada Reuters.

Israel Menahan Diri

Media Israel Ynetnews, menulis pejabat Israel menahan diri untuk mengomentari insiden tersebut.

Namun sumber tidak resmi telah mengklarifikasi bahwa Israel tidak terkait atau terlibat dalam kecelakaan helikopter tersebut.

Pejabat senior Israel mengatakan kematian Raisi dan Amir-Abdollahian diperkirakan tidak akan berdampak pada Israel atau kebijakannya terhadap Republik Islam.

Baca juga: BREAKING NEWS: Helikopter Presiden Iran Hangus Terbakar, Penampakan Puing-puing Helikopter

Satu-satunya konsekuensi yang ditunggu Israel adalah siapa presiden yang akan menggantikan Raisi.

Media itu menulis salah satu kemungkinan yang bisa menggantikan Raisi adalah kembalinya Mahmoud Ahmadinejad, yang menjabat sebagai presiden keenam Iran dari tahun 2005 hingga 2013 dan dianggap sebagai musuh bebuyutan Israel.

Para pejabat senior menambahkan bahwa selain perubahan di Iran, tidak akan ada dampak terhadap Israel karena keputusan mengenai Israel dibuat oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Dialah yang mengambil keputusan penting mengenai program nuklir Iran.

AS Rapat Darurat

Berita tentang jatuhnya helikopter tersebut sampai ke Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan yang saat ini berada di Israel.

Presiden AS Joe Biden dilaporkan mempersingkat liburannya karena laporan yang muncul dari Iran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat