androidvodic.com

Presiden Iran Ebrahim Raisi Dikabarkan Tewas usai Helikopter yang Ditumpanginya Jatuh - News

News - Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dikabarkan tewas bersama Menteri Luar Negeri, Hossein Amirabdollahian, setelah helikopter yang ditumpangi oleh tujuh penumpang lainnya jatuh pada Minggu (19/5/2024).

Dikutip dari Aljazeera, kabar ini dikonfirmasi lewat pemberitaan beberapa media lokal Iran seperti Mehr News Agency dan Tasnim.

Kendati demikian, belum ada pengumuman resmi dari pemerintah Iran atau petugas yang melakukan pencarian terhadap Raisi dan penumpang lainnya.

Di sisi lain, berdasarkan unggahan foto dari jurnalis Aljazeera, Ali Hashem di akun X (dulu Twitter), ekor dari helikopter yang ditumpangi Raisi dan Amirabdollahian telah ditemukan.

Selain itu, dalam unggahan lain, Ali memperlihatkan video pantauan udara yang memperlihatkan bangkai helikopter yang ditumpangi Raisi setelah jatuh.

Tampak dalam video berdurasi 52 detik itu, ekor helikopter berwarna biru-putih dan puing-puing dari helikopter turut terlihat.

Sementara menurut laporan dari jurnalis Aljazeera lainnya, Resul Serdar, seluruh kabin helikopter terbakar habis.

Selain itu, jasad dari para penumpang helikopter tersebut juga sulit dikenali.

"Pihak berwenang Iran juga mengatakan bahwa beberapa mayat terbakar tanpa bisa dikenali, dan mereka belum bisa mengidentifikasi siapa yang ada di lokasi," demikian laporan Resul.

Sebagai informasi sebelum helikopter jatuh, Raisi dan Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev, meresmikan proyek bendungan di perbatasan kedua negara pada Minggu waktu setempat.

Adapun dalam peresmian tersebut, Raisi tidak datang sendiri, tetapi dengan pejabat lainnya yang menumpangi tiga helikopter.

Baca juga: Ucapan Terima Kasih Kemlu Iran atas Solidaritas Pemerintah dan Bangsa, Usai Kecelakaan Heli Presiden

Dua helikopter lain yang masuk dalam rombongan Raisi sudah mendarat dengan selamat.

Sementara, helikopter yang ditumpangi Raisi melakukan pendaratan darurat akibat cuaca buruk saat perjalanan pulang menuju Iran.

Dikutip dari outlet media lokal IRGC, Sepah, dilaporkan ada sembilan orang termasuk beberapa pejabat Iran yang bersama dengan Raisi dalam helikopter tersebut.

Mereka adalah Menteri Luar Negeri, Hossein Amirabdollahian; Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, Malek Rahmati; dan imam salat Jumat, Tabriz Imam Mohammad Ali.

Selain itu, adapula seorang pilot, kopilot, kepala kru, kepala keamanan, dan pengawal.

(News/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Helikopter Presiden Iran Jatuh

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat