androidvodic.com

Teka-teki Keselamatan Presiden Iran usai Helikopter Jatuh, Ada Temuan Kobaran Api di Hutan Belantara - News

News - Helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi, serta menteri luar negeri negara itu dan pejabat lainnya dilaporkan jatuh di pegunungan barat laut Iran, Minggu (19/5/2024).

Hingga kini, keselamatan Presiden Iran, Ebrahim Raisi, dan pejabat lainnya masih menjadi teka-teki.

Adanya kecelakaan tersebut memicu operasi penyelamatan besar-besaran, di mana dilaporkan lokasi jatuhnya helikopter di hutan yang diselimuti kabut.

Sebelumnya, Raisi sedang melakukan perjalanan di provinsi Azerbaijan Timur Iran, bersama menteri dan pejabat lainnya.

Rombongan pergi menggunakan helikopter.

Lantas menurut informasi, helikopter kepresidenan melakukan pendaratan keras di dekat Jolfa, sebuah kota di perbatasan dengan negara Azerbaijan.

Lokasi tersebut sekitar 600 kilometer (375 mil) barat laut ibu kota Iran, Teheran

Belakangan, media pemerintah menyebutkan lokasi lebih jauh ke timur dekat desa Uzi, namun rinciannya masih saling bertentangan.

Yang ikut bersama Raisi dalam satu helikopter adalah Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amirabdollahian, gubernur provinsi Azerbaijan Timur Iran, serta pejabat dan pengawal lainnya, lapor kantor berita pemerintah IRNA.

Salah satu pejabat pemerintah setempat mengungkapkan insiden tersebut dengan kata kecelakaan, namun pejabat lainnya menggunakan kata pendaratan keras.

Baik IRNA maupun TV pemerintah, tidak memberikan informasi apapun mengenai kondisi Raisi beberapa jam setelahnya.

Baca juga: Drone Turki Diduga Deteksi Puing-puing Helikopter Presiden Iran, Rusia Kirim 47 Tim Spesialis

Ada Kobaran Api di Hutan Belantara 

Senin (20/5/2024) dini hari, pihak berwenang Turki yang ikut serta membantu pencarian rombongan Presiden Iran, merilis rekaman drone mereka, dilansir AP News.

Rekaman itu menunjukkan seperti kobaran api atau kebakaran di hutan belantara yang mereka duga adalah puing-puing helikopter Presiden Iran.

Lalu tim penyelamat Iran bergegas ke lokasi kejadian.

Koordinat yang tercantum dalam rekaman menunjukkan kebakaran terjadi sekitar 20 kilometer (12 mil) selatan perbatasan Azerbaijan-Iran di sisi gunung yang curam.

(News/ Garudea Prabawati)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat