androidvodic.com

Lautan Pelayat Beri Penghormatan, Ini Fakta Menarik Kota Mashhad Lokasi Pemakaman Ebrahim Raisi - News

News, JAKARTA - Ribuan warga Iran mengarak peti jenazah Ebrahim Raisi yang diangkut menggunakan truk menuju ke pemakaman di Tabriz, Iran.

Para pelayat mengerubungi truk untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Iran yang tewas dalam kecelakaan helikopter.

Selain membawa jenazah Raisi, truk tersebut juga membawa jenazah Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian dan seluruh rombongan yang tewas dalam kecelakaan.

Wakil Presiden Iran Mohsen Mansouri mengatakan Presiden Iran Ebrahim Raisi akan dimakamkan pada Kamis (23/5/2024) di kota Mashhad di bagian timur laut Iran.

Mansouri mengumumkan pemakaman Raisi akan digelar di Mausoleum Imam Reza yang terletak di Mashhad, kampung halaman Raisi dan pusat ziarah serta salah satu tempat suci utama kaum Syiah.

"Upacara pemakaman Ayatollah Raisi akan berlangsung pada Kamis malam di mausoleum Imam Reza," katanya kepada IRIB TV, seperti dilansir TASS.

Mansouri ditunjuk sebagai ketua panitia penyelenggara pemakaman Raisi dan para korban lainnya yang tewas dalam peristiwa jatuhnya helikopter kepresidenan Iran pada Minggu (19/5/2024) lalu.

Dia menyatakan jenazah para korban akan dikirim ke Teheran dan pada Selasa malam akan diadakan "upacara perpisahan bagi para martir di masjid Teheran." 

Di Iran, semua orang tak bersalah yang terbunuh dan yang meninggal demi keadilan, termasuk dalam perang dan bencana, dianggap sebagai martir. 

Fakta menarik Kota Mashhad atau Masyhad, tempat kelahiran Raisi

Dikutip dari Wikipedia, Masyhad adalah kota terpadat keduadiIran, terletak di timur laut negara yang relatif terpencil, sekitar 900 kilometer dari Teheran.

Kota Masyhad, juga berfungsi sebagai ibu kota Provinsi Razavi Khorasan, kabupaten, dan distrik.

Kota ini berpenduduk sekitar 3.400.000 jiwa (sensus 2016), yang mencakup wilayah Mashhad Taman danTorqabeh.

Kota ini diperintah oleh kelompok etnis yang berbeda sepanjang sejarahnya.

Masyhad sebelumnya adalah sebuah desa kecil, yang pada abad ke-9 dikenal sebagai Sanabad, dan terletak bersama dengan Tus dan desa-desa lainnya di Jalur Sutra kuno yang menghubungkan mereka dengan Merv di timur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat