androidvodic.com

Meski Saling Menghina di Debat Capres AS 2024, Biden dan Trump Sepakat Lenyapkan Hamas - News

News - Debat capres Amerika Serikat 2024 akhirnya dimulai pada Kamis (27/6/2024) malam.

Dalam debat ini, Joe Biden dan Donald Trump kembali saling melempar hinaan dan saling menyalahkan, ternyata keduanya sepakat soal perang di Gaza.

Pertikaian sengit mengenai siapa yang bertanggung jawab atas tantangan dalam negeri tampaknya mengalihkan perhatian keduanya dari menanggapi sepenuhnya pertanyaan tentang Timur Tengah dan perang Israel terhadap Palestina.

Ketika diminta untuk menjelaskan “pengaruh tambahan” apa yang mungkin diterapkan Biden agar Israel dan Hamas mendukung rencana gencatan senjatanya, presiden tersebut menyebut kelompok Palestina, Hamas, sebagai hambatan utama bagi perdamaian.

Ternyata pernyataan Biden ini merupakan satu-satunya poin yang disetujui oleh Trump selama debat di studio jaringan berita CNN di Atlanta, Georgia.

"Tidak. 1, semua orang mulai dari Dewan Keamanan PBB hingga G7 hingga Israel dan (Perdana Menteri Israel Benjamin) Netanyahu sendiri telah mendukung rencana (gencatan senjata) yang saya ajukan, mendukung rencana yang saya ajukan, yang memiliki tiga tahapan," kata Biden, dikutip dari Arab News.

"Tahap pertama adalah memperlakukan para sandera untuk gencatan senjata. Tahap kedua adalah gencatan senjata dengan syarat-syarat tambahan. Tahap ketiga adalah mengetahui akhir perang."

"Satu-satunya yang ingin perang terus berlanjut adalah Hamas, Nomor 1. Hanya mereka yang tidak mundur. Kami masih berusaha keras untuk membuat mereka menerima," ungkap Biden.

Hamas, lanjut Biden, tidak boleh dibiarkan berlanjut dan dirinya menegaskan AS akan terus berupaya untuk melenyapkan kelompok tersebut.

"Hamas tidak boleh dibiarkan berlanjut."

"Kami terus mengirim para ahli dan intelijen kami untuk mencari cara agar Hamas bisa ditangkap seperti yang kami lakukan terhadap (Osama) bin Laden. Anda tidak harus melakukannya."

Baca juga: Panas Debat Capres AS, Trump Sebut Biden Semakin Mirip Rakyat Palestina Tapi Dibenci

"Dan ngomong-ngomong, mereka sudah sangat lemah, Hamas, sangat lemah, dan memang seharusnya begitu. Mereka harus dilenyapkan."

"Namun Anda harus berhati-hati dalam menggunakan senjata tertentu ini di pusat populasi," kata Biden.

Namun, dalam debat tersebut Trump mengatakan Biden telah mencegah Israel melenyapkan Hamas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat