androidvodic.com

Mesir: Tentara Israel di Penyeberangan Rafah Ancam Sopir Truk Bantuan, Gaza Bahaya Kelaparan - News

Mesir: Tentara Israel Kuasai Penyeberangan Rafah, Sopir Truk Bantuan dalam Bahaya, Gaza Bisa Kelaparan

News - Kehadiran pasukan militer Israel (IDF) di gerbang perbatasan diklaim Mesir menimbulkan ancaman bagi pengiriman bantuan dari jalur penyeberangan Rafah.

"Penghentian pengiriman bantuan melalui Penyeberangan Rafah antara Mesir dan Jalur Gaza terkait dengan ancaman terhadap pekerjaan kemanusiaan akibat operasi militer Israel di wilayah tersebut," kata Menteri Luar Negeri Mesir pada hari Senin, menurut laporan Reuters.

Operasi militer IDF itu, bahkan menyasar para sopir truk pengangkut bantuan kemanusiaan yang sedianya dikirimkan ke Gaza. 

Baca juga: Seruan Serangan Besar ke Mesir Menggema di Israel: Tolak Hamastan dan Fathistan di Gaza Pasca-Perang

“Sekarang ada kehadiran militer di pinggiran Penyeberangan Rafah dan operasi militer yang membahayakan konvoi bantuan dan pengemudi truk,” kata Sameh Shoukry kepada wartawan setelah bertemu dengan timpalannya dari Yunani di Kairo.

“Prosedur akibat operasi militer Israel mempengaruhi pengoperasian Penyeberangan Rafah,” ujarnya.

Aktivitas di Penyeberangan Rafah, yang terletak di perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza sepanjang 13 km (8 mil) telah terhenti, sejak Israel meningkatkan serangan militernya dan mengambil alih kendali operasional Penyeberangan tersebut dari sisi Gaza pada tanggal 7 Mei.

Pengiriman bantuan internasional tertahan di sisi perbatasan Mesir, sehingga menimbulkan kekhawatiran kalau sebagian pasokan makanan akan musnah.

Sebagian wilayah Gaza terancam kelaparan setelah lebih dari tujuh bulan perang.

Sebagian besar bantuan yang dikirim ke Gaza sejak dimulainya konflik antara Israel dan Palestina pada bulan Oktober datang melalui Mesir.

Bantuan itu memasuki Gaza melalui Rafah atau Persimpangan Karm Abu Salem di dekat perbatasan Israel dengan Wilayah Palestina.

Shoukry mengulangi seruan agar Israel membuka penyeberangan darat lainnya untuk menyalurkan bantuan.

“Ada penyeberangan militer tertutup yang harus digunakan jika ada kekhawatiran kemanusiaan yang nyata mengenai apa yang terjadi di Gaza,” katanya.

Foto saat tank Mesir dikerahkan di dekat penyeberangan Rafah dengan Gaza, pada 31 Oktober 2023 lalu
Foto saat tank Mesir dikerahkan di dekat penyeberangan Rafah dengan Gaza, pada 31 Oktober 2023 lalu (AFP)

Kerahkan Tank ke Perbatasan

Konflik antara Israel dan militan Hamas di wilayah Rafah yang kian memanas mendorong pemerintah Mesir untuk mengerahkan sejumlah pasukan ke timur laut Sinai yang berbatasan langsung dengan Rafah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat