androidvodic.com

Ada Peran Tentara Saat Warga Israel Injak-injak Bantuan Buat Gaza Termasuk Mi Instan dari Indonesia - News

Ada Peran Polisi dan Tentara Saat Warga Israel Injak-injak Bantuan Gaza Termasuk Mi Instan dari Indonesia

News - Surat kabar Inggris, The Guardian, Rabu (22/5/2024) mengungkapkan kalau tentara dan polisi Israel berperan besar dalam perusakan bantuan dunia yang ditujukan bagi warga Gaza oleh warga Israel.

Peran besar polisi dan tentara Israel itu berupa upaya memberi tahu pemukim dan aktivis sayap kanan ekstremis Yahudi Israel yang menyerang truk bantuan menuju Jalur Gaza.

Baca juga: Baru Sehari Beroperasi, Dermaga Terapung Gaza Sudah Minta Korban Dua Tentara Amerika 

"Polisi dan tentara Israel memberi informasi akurat tentang lokasi bantuan, yang memungkinkan para warga Israel untuk menyerang," tulis media tersebut dilansir Khaberni, Kamis (23/5/2024).

Surat kabar tersebut mengkonfirmasi – dengan mengutip keterangan saksi – bahwa tentara Israel yang ditugaskan melindungi konvoi bantuan tidak melindungi pengemudi atau truk dari serangan pemukim yang telah berulang kali terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Baca juga: Mesir: Tentara Israel di Penyeberangan Rafah Ancam Sopir Truk Bantuan, Gaza Bahaya Kelaparan

Surat kabar tersebut mengutip pesan yang dilihatnya antara aktivis sayap kanan Israel melalui aplikasi WhatsApp, yang mengatakan kalau mereka sedang menunggu informasi dari petugas keamanan Israel mengenai lokasi konvoi bantuan untuk mengoordinasikan serangan tersebut.

Tentara pendudukan Israel menolak untuk mengkonfirmasi apa yang diterbitkan oleh surat kabar The Guardian kalau mereka mengirimkan informasi kepada pemukim untuk menyerang truk bantuan yang menuju ke Gaza.

"IDF mengklaim bahwa mereka sedang menyelidiki kegagalan tentara mereka untuk melindungi truk selama serangan pemukim terhadap bantuan-bantuan tersebut.

Selama beberapa hari terakhir, klip video yang tersebar menunjukkan pemukim menyerang truk bantuan yang menuju ke Jalur Gaza, beberapa di antaranya berasal dari Yordania dan Indonesia.

Banyak di antara warga Israel tersebut merusak dengan cara menginjak-injak bantuan kemanusiaan itu, termasuk bantuan berupa makanan yang populer di Indonesia dan Timur Tengah, berupa Mi instan Indomie dan Supermi.

Dengan beringas, warga Israel itu merusak, menginjak-injak, dan melempar-lemparkan bantuan Indonesia untuk warga Gaza.

Video aksi warga Israel merusak dan memblokade bantuan untuk warga Gaza yang sedang kelaparan tersebut viral di media sosial.

"Para warga Israel penyerang tersebut mengatakan kalau bantuan makanan tidak boleh “dikirim ke musuh,” mengacu pada Gerakan Perlawanan Hamas," tulis Khaberni.

Pekan ini, PBB menekankan perlunya Israel melindungi konvoi bantuan kemanusiaan yang menuju Gaza dari kekerasan pemukim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat