androidvodic.com

Ismail Haniyeh Melakukan Perjalanan Pertama Menghadiri Pemakaman Ebrahim Raisi Setelah Keputusan ICC - News

Ismail Haniyeh Melakukan Perjalanan Pertama Menghadiri Pemakaman Ebrahim Raisi Setelah Keputusan ICC

News- Ketua Hamas Haniyeh melakukan perjalanan pertama untuk menghadiri pemakaman Raisi di Iran setelah keputusan ICC.

Kemunculan publik terjadi beberapa hari setelah ICC berupaya menangkap para pemimpin penting Israel dan Palestina.

Ketua Hamas Ismail Haniyeh tiba di Teheran pada hari Rabu untuk menghadiri pemakaman Presiden Iran Ebrahim Raisi, beberapa hari setelah Pengadilan Kriminal Internasional mengumumkan pihaknya berupaya menangkapnya karena kejahatan perang.

Para jenderal penting angkatan darat, pemimpin Korps Garda Revolusi Islam dan perwakilan kelompok militan regional hadir di ibu kota saat para pemimpin Iran berduka atas kematian Raisi, 63 tahun, yang tewas dalam kecelakaan helikopter pada hari Minggu.

Ini adalah penampilan publik pertama Haniyeh sejak pengumuman ICC pada hari Senin.

“Saya datang atas nama rakyat Palestina, atas nama faksi perlawanan di Gaza, untuk menyampaikan belasungkawa kami,” katanya kepada para pelayat di Universitas Teheran.

Dia ingat pertemuannya dengan Raisi selama bulan Ramadhan dan berulang kali menyerukan dukungan bagi perjuangan Palestina, dengan mengatakan dunia Muslim harus “memenuhi kewajibannya”.

Upacara pemakaman tersebut adalah salah satu dari beberapa rencana sebelum pemakaman Raisi di Masyhad pada hari Kamis.

Emir Qatar Sheikh Tamim, Presiden Tunisia Kais Saied dan Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al Sudani termasuk di antara para pemimpin regional yang hadir.

Perdana Menteri Qatar dan Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani juga melakukan perjalanan ke Teheran untuk menghadiri pemakaman Raisi, Kantor Berita Qatar melaporkan.

Menteri Luar Negeri Kuwait Abdullah Ali Al Yahya hadir mewakili Emir Kuwait Sheikh Meshal, kata Kementerian Luar Negeri Kuwait.

Kantor Berita Nasional Lebanon mengatakan sebuah delegasi termasuk Ketua Parlemen Nabih Berri, menteri luar negeri sementara Abdallah Bou Habib dan pejabat lainnya melakukan perjalanan ke Teheran untuk menyampaikan belasungkawa.

Perwakilan dari Tiongkok, Pakistan dan negara-negara lain tiba pada Rabu malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat