androidvodic.com

Ukraina Klaim Tentara Rusia yang Tumbang Tembus Setengah Juta Personel - News

News -- Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim telah menewaskan lebih dari setengah juta pasukan Vladimir Putin.

Pada Minggu (26/5/2024) dalam postingan facebook yang dikutip oleh Ukrinform menyebutkan, angka tersebut tembus antara 24 Februari 2022 dan 26 Mei 2024.

Data terakhir menyebut pasukan Rusia yang tewas berjumlah sekitar 501.190 orang.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-822: Putin Sebut Jabatan Zelensky Sudah Kedaluwarsa

Angka tersebut termasuk 1.110 tentara tewas atau terluka dalam aksi dalam 24 jam terakhir.

Selain itu, pasukan pertahanan Ukraina menghancurkan 7.662 (+12) tank Rusia, 14.803 (+17) kendaraan tempur lapis baja, 12.953 (+24) sistem artileri, 1.083 (+1) peluncur roket ganda, dan 814 sistem peperangan antipesawat. Tentara Rusia juga kehilangan 357 (+1) pesawat tempur, 326 helikopter, 10,425 (+11) sistem udara tak berawak taktis, 2,209 rudal jelajah, 27 kapal perang/pemotong, 1 kapal selam, 17,639 (+31) kendaraan dan tanker bahan bakar, dan 2,111 ( +7) peralatan khusus.

Jatuhnya korban tentara Rusia dalam perang tersebut tak membuat militer Rusia mengendur dalam menyerang. Bahkan pasukan Vladimir Putin semakin invasif menyerang di wilayah Donbass, timur Ukraina.

Kementerian Pertahanan melaporkan dalam 24 jam terakhir pasukannya telah membebaskan pemukiman Arkhangelskoe di Republik Rakyat Donetsk.

“Unit Battlegroup Center telah membebaskan pemukiman Arkhangelskoe di Republik Rakyat Donetsk sebagai hasil dari aksi tempur yang berhasil,” kata laporan dikutip kantor berita TASS.

Dalam laporan itu menyebutkan, unit-unit Battlegroup Timur telah mengamankan garis-garis yang lebih menguntungkan, serta menyerang pasukan dan peralatan dari brigade mekanis ke-116 tentara Ukraina, brigade pertahanan teritorial ke-102 dan ke-128 di wilayah pemukiman Antonovka, Vodyanoye, Storozhevoye dari Republik Rakyat Donetsk dan Gulyaipole dari Wilayah Zaporozhye.

Baca juga: Apakah Rusia Benar-benar akan Menyerang Ukraina dengan Senjata Nuklir?

Serangan oleh kelompok penyerang dari brigade mekanis ke-72 tentara Ukraina telah berhasil dihalau di dekat pemukiman Vladimirovka di Republik Rakyat Donetsk.

Tentara Ukraina kehilangan hingga 120 tentara, lima mobil, dua sistem artileri self-propelled Gvozdika 122 mm, senjata M119 105 mm produksi AS, dan stasiun peperangan elektronik Bukovel-AD, tambah kementerian itu.

“Unit-unit Battlegroup Selatan telah meningkatkan posisi terdepan mereka dan mengalahkan pasukan serta peralatan dari brigade serangan udara ke-79 tentara Ukraina dan brigade pertahanan teritorial ke-116 di wilayah pemukiman Ostroye dan Konstantinovka di Republik Rakyat Donetsk,” kata laporan itu.

Pasukan Rusia sedang bersiap ke garis depan
Pasukan Rusia sedang bersiap ke garis depan (Sputnik)

Sementara Unit Battlegroup Utara terus maju jauh ke dalam pertahanan Ukraina. Pasukan dan peralatan dari infanteri ke-57 dan brigade serangan udara ke-82 tentara Kiev telah diserang di dekat pemukiman Yurchenkovo ​​dan Baksheyevka di Wilayah Kharkov.

“Dua serangan balik berhasil digagalkan di dekat pemukiman Volchansk dan Glubokoye di Wilayah Kharkov,” kata laporan itu.

Angkatan bersenjata Ukraina kehilangan hingga 220 tentara di wilayah Kelompok Pertempuran Utara Rusia selama 24 jam terakhir, dengan SPG Panzerhaubitze 2000 produksi Jerman dihilangkan.

Tentara Ukraina berusaha menembak drone Rusia
Tentara Ukraina berusaha menembak drone Rusia (Parlemen Ukraina)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat