androidvodic.com

Ditembaki Tentara Mesir, Pasukan Israel Ternyata Kejar Warga Palestina hingga Masuk Wilayah Mesir - News

News – Baku tembak antara tentara Mesir dan Israel pada hari Senin, (28/5/2024), berawal dari tentara Israel yang melewati perbatasan di Rafah, Jalur Gaza.

Menurut keterangan dua pejabat keamanan Mesir, awalnya ada seorang tentara Mesir yang berjaga di menara pengawas.

Reuters melaporkan tentara itu kemudian bereaksi setelah melihat sebuah kendaraan lapis baja yang membawa pasukan Israel.

Kendaraan tersebut melewati garis perbatasan saat pasukan Israel mengejar dan membunuh sejumlah warga Palestina.

Setelah melihat hal itu, tentara Mesir melepaskan tembakan ke arah pasukan Israel dan kemudian dibalas dengan tembakan pula oleh pasukan Israel.

Terjadilah aksi saling serang di antara kedua belah pihak. Beberapa tentara Israel terluka dan selanjutnya pasukan Israel mundur.

Adapun ada satu tentara Mesir tewas dan satu lagi yang dikabarkan terluka.

Juru bicara militer Mesir, Kolonel Ghareeb Abdel Hafez, menyebut bahwa pihaknya menyelidiki insiden baku tembak itu.

“Pihak berwenang yang kompeten di Angkatan Bersenjata Mesir sedang menyelidiki peristiwa penembakan di dekat perbatasan di Rafah, yang menyebabkan kematian satu personel keamanan di area itu,” kata Hafez di media sosial X.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) juga mengaku tengah menyelidiki peristiwa itu.

Awal bulan ini Israel mengambil alih perlintasan Rafah di sisi Gaza sehingga memicu kecaman internasional, termasuk dari Mesir.

Baca juga: 3 Pengakuan Mesir & Israel tentang Insiden Baku Tembak Keduanya di Perbatasan Rafah

Mesir dan Israel sudah menandatangani perjanjijan damai tahun 1979 dan sejak itu bekerja sama dalam persoalan keamanan, terutama di sekitar perbatasan Mesir-Gaza.

Persoalan keamanan nasional

Rami Dajani, Direktur Proyek Israel dan Palestina dengan International Crisis Group, menyebut situasi di Rafah kini memunculkan ketegangan.

“Rakyat Mesir punya keprihatinan besar mengenai perkembangan situasi di perbatasan. Dampak keamanannya sangat penting bagi keamanan nasional Mesir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat