androidvodic.com

Israel Sudah 10 Tahun Lancarkan Perang Rahasia ke ICC, Eks-Bos Mossad Ancam Wanita Kepala Jaksa - News

Israel Sudah 10 Tahun Lancarkan Perang ke ICC, Skandal Pengancaman oleh Bos Mossad Terungkap

News - Surat kabar Inggris The Guardian mengungkapkan konspirasi yang dilakukan mantan direktur badan intelijen luar negeri Israel, Yossi Cohen terhadap seorang jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Cohen diduga mengancam Fatou Bensouda, mantan kepala jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), dalam serangkaian pertemuan rahasia, Guardian melaporkan pada Selasa (28/5/2024).

Baca juga: Netanyahu Cueki Surat Penangkapan, ICC Juga Incar Tiga Pentolan Hamas: Sinwar, Al-Deif, Haniyeh  

Dia dikatakan telah berusaha menekan Bensouda agar membatalkan penyelidikan kejahatan perang terhadap petinggi militer Israel.

Investigasi tersebut diluncurkan pada tahun 2021.

Puncaknya adalah minggu lalu ketika penerus Bensouda, Karim Khan, mengumumkan bahwa ia sedang meminta surat perintah penangkapan untuk perdana menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan pejabat Israel lainnya atas tindakan negara tersebut selama perang Gaza.

"Keterlibatan pribadi Cohen dalam operasi tersebut terjadi selama ia menjabat sebagai direktur Mossad," kata Guardian.

Menurut laporan yang mengutip seorang pejabat senior Israel, aktivitasnya diperbolehkan "pada tingkat tinggi dan dibenarkan atas dasar bahwa pengadilan menimbulkan ancaman penuntutan terhadap personel militer Israel."

“Tujuan Mossad adalah untuk mengkompromikan jaksa atau menjadikannya sebagai seseorang yang mau bekerja sama dengan tuntutan Israel,” kata sumber lain kepada Guardian.

Sumber ketiga menyebut Cohen Netanyahu sebagai “utusan tidak resmi.”

Baca juga: Sekelas Badan Elite Shin Bet Israel Jadi Tertawaan: Salah Pasang Foto Jurnalis Mesir Jadi Buronan

Mantan pemimpin badan intelijen dan operasi khusus Israel (Mossad), Yossi Cohen (kiri) pernah mengancam mantan jaksa ICC, Fatou Bensouda (kanan) saat menyelidiki kejahatan Israel di Palestina sejak tahun 2021.
Mantan pemimpin badan intelijen dan operasi khusus Israel (Mossad), Yossi Cohen (kiri) pernah mengancam mantan jaksa ICC, Fatou Bensouda (kanan) saat menyelidiki kejahatan Israel di Palestina sejak tahun 2021. (X)

Lancarkan Perang Rahasia Selama 10 Tahun

Sebagai salah satu sekutu terdekat perdana menteri, Cohen dikatakan telah memimpin keterlibatan Mossad dalam "kampanye negara untuk melemahkan ICC" selama hampir satu dekade.

Empat sumber mengkonfirmasi kepada Guardian bahwa Bensouda telah memberi pengarahan kepada sekelompok kecil pejabat senior ICC tentang upaya Cohen untuk menekannya, di tengah kekhawatiran atas "sifat perilakunya yang mengancam."

Perlakuan mengancam itu yakni, Cohen yang diduga mengatakan kepada jaksa ICC:

“Anda harus membantu kami dan biarkan kami menjaga Anda. Anda tidak ingin terlibat dalam hal-hal yang dapat membahayakan keamanan Anda atau keluarga Anda.”

Beberapa sumber The Guardian menyebut aktivitas Cohen yang gagal sebagai “taktik tercela” dan “menguntit”.

“Mossad juga menaruh perhatian besar pada anggota keluarga Bensouda dan memperoleh transkrip rekaman rahasia suaminya," menurut dua sumber yang mengetahui langsung situasi tersebut.

"Pejabat Israel kemudian berusaha menggunakan materi tersebut untuk mendiskreditkan jaksa,” tegas laporan tersebut. 

The Guardian mengumumkan penyelidikan bersama yang akan dilakukan dengan majalah Israel-Palestina +972 Magazine dan outlet berbahasa Ibrani Local Call, "mengungkap bagaimana banyak badan intelijen Israel melakukan 'perang' rahasia melawan ICC selama hampir satu dekade."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat