androidvodic.com

Caplok Desa Umanskoe, Rusia Potong Jalur Pasokan Ukraina - News

News -- Pasukan Rusia susah payah akhirnya berhasil menguasai desa Umanskoe, sebuah wilayah perdesaan dekat Kota Avdiivka di Donetsk pada Sabtu (1/6/2024).

Desa ini oleh Rusia dianggap wilayah yang penting karena menjadi jalur pasokan Ukraina untuk mengalirkan logistik dan persenjataan.

Igor Kimakovsky, penasihat kepala Republik Rakyat Donetsk mengatakan, pencaplokan desa ini penting bagi Rusia, karena Umanskoe menjadi lokasi mengalirnya logistik dan senjata pasukan Zelensky di wilayah Avdiivka.

Baca juga: Pasukan Rusia Dikirimi 2.000 Drone Gortenzia 7 ke Garis Depan

“Pembebasan Umanskoe telah menciptakan peluang tambahan untuk meningkatkan serangan terhadap jalan-jalan yang digunakan untuk menyediakan pasokan ke unit-unit Ukraina di Karlovka,” kata Kimakovsky kepada TASS, Minggu (2/6/2024).

Selain itu, pasukan Ukraina yang tersisa di pemukiman terdekat akan mendapat serangan intensif dari tentara Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan desa tersebut, yang terletak sekitar 48 kilometer (30 mil) tenggara kota Pokrovsk, salah satu wilayah paling aktif dalam perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung.

Kini Umanskoe, dikuasai oleh unit “kelompok pusat”, dikutip dari Anadolu

Pernyataan tersebut mengklaim bahwa pasukan Rusia mengambil “posisi yang lebih menguntungkan” dan “mengalahkan” pasukan Ukraina di dekat pemukiman Urozhaine, Staromaiorske, dan Vodyane, yang juga terletak di wilayah Donetsk.

Lebih lanjut mereka mengklaim bahwa pasukan Rusia terus maju di front Kharkov, memukul mundur pasukan Ukraina di dekat pemukiman Mali Prokhody, Hatyshche, Lyptsi, dan Neskuchne.

Kendaraan lapis baja Rusia mulai memasuki Kota Volchansk
Kendaraan lapis baja Rusia  (Kementerian Pertahanan Rusia)

Pasukan mengambil “posisi yang lebih menguntungkan” di dekat desa Synkivka, yang terletak sekitar 14 kilometer (8,6 mil) dari kota Kupiansk, yang merupakan titik bentrokan besar antara pasukan Rusia dan Ukraina sejak awal perang.

Baca juga: Dapat Izin AS Untuk Serang Rusia, Ini yang Pertama Diserang Ukraina Dengan Rudal Jelajah ATACMS

Staf Umum Ukraina mengatakan dalam pernyataan sebelumnya bahwa pasukan Rusia berusaha untuk maju ke dekat pemukiman Novooleksandrivka dan Sokil, yang terletak sekitar 12 kilometer (7,4 mil) dari Umanskoe, dan menggambarkan situasinya “tegang.”

Pasukan Rusia telah berusaha menembus pertahanan Ukraina di wilayah Kharkov (Kharkiv) sejak awal Mei, membuka front baru dalam konflik yang telah berlangsung selama dua tahun dan hingga kini terkonsentrasi di wilayah timur dan selatan negara tersebut.

Bentrokan di wilayah tersebut semakin meningkat sejak saat itu, khususnya di dekat Vovchansk, yang terletak sekitar 74 kilometer (45 mil) dari Kharkov, kota terbesar kedua di Ukraina, yang juga menjadi sasaran serangan udara Rusia.

Rusia mengklaim telah menguasai beberapa pemukiman perbatasan sejak awal serangannya di front Kharkov, serta front lainnya, termasuk Donetsk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat