androidvodic.com

6 Detail Acara Pawai Bendera Israel: Hamas Marah, Pemukim Yahudi Teriakkan 'Matilah Orang Arab' - News

6 Detail Acara Pawai Bendera Israel yang Bikin Marah Hamas, Pemukim Yahudi Teriakkan 'Matilah Orang Arab'

News - Gerakan Perlawanan Hamas mengatakan kalau pawai bendera di Yerusalem adalah sebuah agresi terhadap rakyat Palestina dan kesucian Masjid Al-Aqsa.

Hamas mewanti-wanti, ada konsekuensi tersendiri jika para pemukim Yahudi tetap menjalakankan acara ini.

"Kami memperingatkan pendudukan agar tidak melanjutkan kebijakan kriminalnya terhadap Al-Aqsa," tulis pernyataan Hamas dilansir Khaberni, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Tak Mau Ubah Rute, Pawai Bendera Israel Tetap Lewati Kawasan Muslim di Yerusalem ke Tembok Barat  

Sejumlah pasukan polisi Israel telah dikerahkan di berbagai distrik menjelang acara tersebut karena Hamas menyerukan “hari kemarahan” sebagai reaksi terhadap pawai bendera Israel.

“Kami menyerukan kepada masyarakat kami di mana pun, terutama di Tepi Barat, Yerusalem Timur dan di Israel – untuk berjuang melawan rencana pendudukan mengenai Masjid Al-Aqsa dan mengubah hari ini menjadi hari kemarahan dan dukungan terhadap Masjid Al-Aqsa. dan hari perjuangan melawan agresi Zionis,” bunyi pernyataan Hamas.

Pawai Bendera para pemukim Yahudi Israel ini diselenggarakan pada hari yang dikenal sebagai Hari Yerusalem, di mana Israel memperingati pendudukan bagian timur Yerusalem pada tahun 1967.

Hari ini diperingati sebagai Hari Penyatuan Yerusalem dan pembentukan kedaulatan Israel atas kota tersebut dan wilayahnya serta tempat keagamaan Yahudi di dalamnya.

Tahun ini menjadi perayaan ke-57 sejak penyatuan kembali Yerusalem.

"Hari Yerusalem dirayakan pada hari Rabu, tanggal 28 Iyar, menandai 57 tahun sejak ibu kota bersatu setelah Perang Enam Hari," tulis laporan i24.

Baca juga: Kelompok Yahudi Ekstremis Israel Berduyun-duyun Bawa Kurban Persembahan ke Lokasi Masjid Al-Aqsa

Seorang polisi Israel berjaga saat berlangsungnya pawai Bendera pemukim Yahudi Israel di kawasan Kota Tua Yerusalem. Pawai Bendera ini sebagai perayaan penyatuan kembali (unifikasi) Yerusalem pada tahun 1967 setelah Perang Enam Hari.
Seorang polisi Israel berjaga saat berlangsungnya pawai Bendera pemukim Yahudi Israel di kawasan Kota Tua Yerusalem. Pawai Bendera ini sebagai perayaan penyatuan kembali (unifikasi) Yerusalem pada tahun 1967 setelah Perang Enam Hari. (tangkap layar/timesofisrael)

Teriakkan Kata Makian Saat Pawai

Polisi Israel mengatakan pada Senin kalau pawai bendera tersebut akan mengambil rute yang sama seperti tahun lalu, dari pusat kota Yerusalem ke Tembok Barat.

Akan ada dua rute yang akan dilalui peserta menuju tembok, satu melewati Gerbang Dung, dan yang kedua melewati Gerbang Damaskus dan Muslim Quarter.

Dalam sejarahnya, aksi pawai bendera selalu rawan bentrokan.

Pawai bendera yang sudah bersifat provokatif masih ditambah oleh sejumlah ulah dari para pemukim Yahudi saat berparade.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat